Ulah Monyet Peliharaan Warga Bikin Listrik di Kota Gunungsitoli Padam

Oleh Liputan6.com pada 19 Mei 2018, 00:02 WIB
Wireless monkey (1)

Liputan6.com, Gunungsitoli - Seekor monyet milik warga yang lepas merusak isolator jaringan utama pada tiang milik PLN di depan Makodim 0213/Nias, Jalan Yos Sudarso, Kota Gunungsitoli, Nias, Sumatera Utara, Jumat, 18 Mei 2018.

Manajer PT PLN Area Nias Poltak Samosir, melalui pesan singkat yang diterima di Gunungsitoli, mengatakan akibat pecahnya isolator kawat listrik pada jaringan utama, sempat terjadi pemadaman listrik selama beberapa waktu di Kota Gunungsitoli.

"Yang dirusak monyet itu isolator kawat listrik untuk mengikat kawat listrik pada braket penahan yang ada pada tiang," katanya, dilansir Antara.

Menurut Poltak, isolator yang dirusak monyet tersebut berfungsi sebagai isolasi, agar saat kawat ditempel pada braket penahan tiang tidak menyebabkan arus mengalir ke bawah.

Karena monyet yang memanjat merusak isolator, fungsi isolator sempat gagal karena tidak bisa mengisolasi arus ke bawah.

"Walau merusak isolator kawat tegangan tinggi pada tiang, monyet tetap hidup dan tidak terbakar, karena tidak menyentuh kawat atau braket," katanya.

Sementara, salah seorang warga, Dasa Manao, mengeluhkan terjadinya pemadaman listrik tersebut karena sangat berpengaruh pada aktivitas warga.

"Kami berharap kerusakan dapat diatasi segera dan listrik kembali menyala," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini: