Sukses

Viral, Video Warga Papua Kibarkan Bendera Mirip Bendera Israel

Sejumlah video yang merekam warga Papua mengibarkan bendera mirip bendera Israel tersebar luas di media sosial.

Liputan6.com, Jayapura - Video berdurasi 1 menit menampilkan sejumlah orang yang sedang menggerakkan badan dan berputar-putar sambil diiringi musik. Sebagian dari mereka mengibarkan bendera berlambang bintang daud mirip bendera Israel.

Video yang diunggah akun Twitter @arch_v3nture pada 17 Mei 2018 itu menyebut kejadian itu berlangsung di GOR Waringin, Papua. Pemilik akun menyebut kegiatan itu dalam rangka acara kebaktian, meski tak disebutkan secara jelas identitas para jemaat itu.

Video lain yang diunggah akun Twitter @AfRadenkanjeng pada 15 Mei 2018. Video berdurasi 45 menit itu menampilkan iring-iringan kendaraan, mulai dari truk terbuka, minibus, hingga bus pariwisata, yang mengangkut penumpang yang mengibarkan bendera mirip bendera Israel.

Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar membenarkan peristiwa itu terjadi di wilayah hukumnya. Ia menyebut iring-iringan kendaraan itu mengangkut jemaat Komunitas Sion Kids of Papua yang hendak beribadah di Lapangan Trikora Jayapura, Papua, pada Senin, 14 Mei 2018, sekaligus merayakan ulang tahun komunitas itu yang ke-15.

"Kegiatan itu tak ada kaitannya dengan masalah politik. Dari sisi sejarah dulu. Mungkin itulah yang membedakan Papua," ucapnya, Jumat (18/5/2018).

Kegiatan tersebut merupakan kegiatan penutup setelah mereka melaksanakan kebaktian kebangunan rohani selama tiga hari, 9-11 Mei 2018, di GOR Waringin yang berlokasi sekitar 500 meter dari Lapangan Trikora.

Boy menyebutkan kegiatan itu dihadiri pula oleh sejumlah anggota dewan, aparatur sipil negara, dan terlihat beberapa kepala daerah. Ada pula ratusan anak dan orang dewasa yang ikut serta.

Meski begitu, ia menyatakan akan memanggil panitia pelaksanaan Komunitas Sion Kids of Papua yang melaksanakan kegiatan ibadah di Lapangan Trikora Jayapura beberapa hari lalu.

"Kita akan memanggil panitia pelaksana. Semua masih kita selidiki dan kami belum mengetahui apakah ini ajaran gereja atau kelompok tertentu," kata Boy.

Komunitas Sion Kids of Papua merupakan ajaran gereja yang ada di Papua yang ajarannya mesianik yang ada di Israel. Ini yang menyebabkan dalam dalam setiap kegiatannya selalu menggunakan lambang-lambang Israel, misalnya bendera Israel.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.