Kereta Solo Ekspres Resmi Layani Rute Surakarta - Kutoarjo

Oleh Fajar Abrori pada 17 Mei 2018, 17:10 WIB
Diperbarui 17 Mei 2018, 17:10 WIB
Peresmian KA Solo Ekspres
Perbesar
PT KAI meresmikan beroperasinya KA Solo Ekpres jurusan Solo-Yogykarta-Kutoarjo di Stasiun Solobalapan, Kamis (17/5).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Liputan6.com, Solo - PT Kereta Api Indonesia (KAI) resmi mengoperasikan KA Solo Ekspres relasi Solo-Yogyakarta-Kutoarjo mulai hari ini, Kamis, 17 Mei 2018. Penumpang yang akan naik kereta istimewa ala kereta bandara itu tak dipungut biaya hingga Minggu, 20 Mei 2018, mendatang.

Prosesi peresmian kereta yang didominasi warna hijau itu dipusatkan di Stasiun Solobalapan, Solo, Kamis, 17 Mei 2018. Selain dihadiri sejumlah direksi PT KAI fan jajaran dirjen Kementerian Perhubungan, acara tersebut juga dihadiri Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Peresmian beroperasinya KA Solo Ekspres itu ditandai dengan pengguntingan pita di depan pintu masuk kereta, serta pemecahan kendi di bagian depan kepala kereta. Setelah itu dilanjutkan dengan peniupan peluit sebagai tanda dimulainya perjalanan kereta.

Direktur Operasi PT KAI, Slamet Suseno Priyanto mengatakan, PT KAI kembali memberikan alternatif pilihan transportasi kereta api kepada warga di Solo, Yogyakarta dan Kutoarjo. Selain KA Prameks, kini PT KAI menghadirkan satu kereta api baru, yakni KA Solo Ekpres.

"KA Solo Ekspres ini dioperasikan perdana mulai hari ini dan diberangkatkan pertama dari Stasiun Solobalapan pada pukul 08.40 WIB. Jadi selain KA Prameks, ada pilihan kereta lain di jalur tersebut," kata dia saat peresmian KA Solo Ekspres di Stasiun Solobalapan, Solo, Kamis, 17 Mei 2018.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Jumlah Kereta Ditambah

Peresmian KA Solo Ekspres
Perbesar
PT KAI meresmikan beroperasinya KA Solo Ekpres jurusan Solo-Yogykarta-Kutoarjo di Stasiun Solobalapan, Kamis (17/5).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Menurutnya, untuk pengoperasian perdana perjalanan KA Solo Ekspres dilayani dengan armada kereta baru yang merupakan hasil produksi  PT INKA. Rencananya, kedepan akan ditambah satu trainset lagi untuk melayani jalur relasi tiga kota tersebut.

"Untuk awal ini ada satu trainset. Nantinya akan ada tambahan satu lagi trainset. Setiap satu trainset terdiri dari empat kereta," sebut dia.

Untuk pengoperasian awal ini, Slamet mengungkapkan, KA Solo Ekspres akan melayani sebanyak empat kali perjalanan kereta pulang pergi. Jadwal keberangkatan pertama dimulai pukul 08.40 WIB.

"Satu trainset jenis KRDE itu akan melayani dua perjalanan rute Kutoarjo-Solo dan dua perjalanan rute Solo-Kutoarjo," tuturnya.

Slamet menambahkan, kereta yang memiliki kapasitas penumpang sebanyak 393 orang itu akan menempuh perjalanan dari Solo menuju Kutoarjo selama dua jam. Selama perjalanan tersebut, penumpang dapat menikmati fasilitas yang dimiliki KA Solo Ekspres.

"Kereta itu dilengkapi fasilitas pendingin udara, televisi, USB port, dan toilet. Dengan fasilitas itu, penumpang akan merasa nyaman dan aman. Kereta ini juga dilengkapi fasilitas untuk penumpang berkebutuhan khusus," ujarnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tiket Gratis

Peresmian KA Solo Ekspres
Perbesar
Penumpang terlihat menikmati fasilitas KA Solo Ekspres yang lebih nyaman dibandingkan KA Prameks.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Untuk menarik minat masyarakat naik KA Solo Ekspres, menurut Slamet, PT KAI pun menggratiskan para penumpang yang ingin naik kereta tersebut. Hanya saja, masa promo tiket gratis hanya diberlakukan mulai hari ini hingga Minggu, 20 Mei 2018, nanti.

"Sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Solo, Jogja, Kutoarjo dan sekitarnya, PT KAI pada pengoperasian perdana Solo Ekpress akan memberlakukan tarif Rp 0. Tarif gratis berlaku selama empat hari," ujarnya.

Sedangkan setelah masa promo gratis, dia mengungkapkan penumpang KA Solo Ekspres akan dikenakan biaya sebesar Rp 40 ribu untuk rute perjalanan Solo-Kutoarjo. Sementara itu untuk rute Solo-Jogja dan Jogja-Kutoarjo, tarif tiket akan dibanderol Rp 30 ribu.

"Namun khusus masa angkutan Lebaran nanti, tiket KA Solo Ekspres akan naik menjadi Rp 60 ribu untuk rute Solo-Kutoarjo dan Rp 45 ribu untuk rute Solo-Jogja dan Jogja-Kutoarjo. Tarif Lebaran itu akan dikenakan mulai 5-26 Juni 2018," sebutnya.

Sementara itu, Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan Solo merupakan pasar potensi sebagai kota tujuan wisata. Alhasil, dengan beroperasinya KA Solo Ekspres tujuan Solo-Yogyakarta-Kutoarjo merupakan satu langkah yang luar biasa.

"Adanya transportasi tambahan dari PT KAI akan member dampak positif bagi Pemerintah Kota Solo khususnya dan Yogyakarta serta Kutoarjo pada umumnya," kata dia.

 

Lanjutkan Membaca ↓