Sukses

Mengenal Rombongan Kafilah Dakwah Ramadan dari Aceh

Rombongan Kafilah Dakwah Ramadan akan bertugas di daerah pedalaman dan perbatasan Aceh.

Liputan6.com, Banda Aceh - Akademi Dakwah Indonesia (ADI) mengirim 22 dai ke daerah perbatasan dan pedalaman Provinsi Aceh guna menyemarakkan bulan suci Ramadan 1439 Hijriah.

Direktur ADI Aceh Muhammad AR mengatakan, dai yang dikirim merupakan mahasiswa terbaik akademi dakwah. Mereka bergabung dengan Kafilah Dakwah Ramadhan.

"Mereka ke pedalaman dan perbatasan Aceh untuk berdakwah dan menghidupkan bulan suci Ramadan. Tujuannya untuk meningkatkan pemahaman keislaman kepada masyarakat," kata Muhammad AR di Banda Aceh, Rabu, 16 Mei 2018, dilansir Antara.

Daerah perbatasan dan pedalaman yang menjadi wilayah dakwah para dai tersebut di antaranya Kabupaten Aceh Singkil, Kota Subulussalam, Kabupaten Aceh Tamiang, Kabupaten Aceh Tenggara, dan Kabupaten Simeulue.

Selain berdakwah, kata Muhammad AR, para dai yang tergabung dalam Kafilah Dakwah Ramadan tersebut akan menjadi imam salat Tarawih, menjadi khatib salat Jumat, serta kegiatan lainnya.

Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh itu menyebutkan, para dai yang dikirim itu merupakan putra daerah setempat yang selama ini sedang belajar di Akademi Dakwah Indonesia Aceh di Aceh Besar.

"Dai-dai yang dikirim ke perbatasan merupakan mahasiswa berasal dari daerah tersebut. Dengan harapan nantinya setelah menyelesaikan pendidikan, mereka kembali dan berkontribusi ke daerah asal," kata Muhammad AR.

Sementara itu, Ketua Umum Dewan Dakwah Aceh Tgk Hasanuddin Yusuf Adan mengatakan pengiriman Kafilah Dakwah Ramadan merupakan komitmen organisasi yang dipimpinnya meningkatkan syiar Islam di pedalaman dan perbatasan Aceh.

"Kami siap dan akan senantiasa berdakwah di daerah perbatasan dan pedalaman Aceh. Sebab, wilayah itu merupakan daerah rawan pendangkalan akidah," ucap Tgk Hasanuddin Yusuf Adan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.