Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: Riwayat Penyakit Bupati Tegal Ki Enthus Susmono

Top 3 berita hari ini, Bupati Tegal Ki Enthus Susmono meninggal dunia di RSUD dr Soeselo Slawi akibat serangan jantung.

Liputan6.com, Tegal - Top 3 berita hari ini, kabar meninggalnya Bupati Tegal sekaligus dalang nyentrik, Ki Enthus Susmono menggegerkan Kota Tegal.

Sebelum kabar kepergiaannya mengejutkan warga, rencananya, Senin sore, 14 Mei 2018, Ki Enthus bersama rombongan berencana menghadiri acara pengajian di Desa Argatawang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal.

Tiba-tiba di tengah perjalanan, Ki Enthus sempat mengeluhkan dadanya nyeri dan mual-mual.

Meski pemeriksaan denyut nadi, tekanan darah, gula darah hingga pemasangan infus dilakukan, Enthus tak juga sadarkan diri.

Sementara itu, bagi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Banyumas punya arti khusus. 

Selain menjad tanah para leluhurnya, jika ditelisik lebih jauh, Prabowo memiliki pertalian darah dengan raja-raja Mataram Islam.

Sempat tersiar kabar, perjalanan Prabowo menyambangi Banyumas untuk mendeklarasikan calon wapresnya. Benarkah?

Berikut berita terpopuler dalam Top 3 Berita Hari Ini: 

1. Kronologi Meninggalnya Bupati Tegal Ki Enthus Susmono

Bupati Tegal Ki Enthus Susmono wafat di RSUD dr Soeselo Slawi (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Pada sore hari sekitar pukul 17.00 WIB, Ki Enthus bersama rombongan berencana akan menghadiri acara pengajian di Desa Argatawang, Kecamatan Jatinegara, Kabupaten Tegal.

Sebelumnya, Bupati Tegal ini sempat bertemu dengan sejumlah tokoh masyarakat di Desa Kajenengan, Kecamatan Bojong. Di tengah perjalanan, dia merasakan nyeri dada dan mual hingga tidak sadarkan diri.

Melihat kondisi itu, Ki Enthus segera dibawa ke Puskesmas Jatinegara dan tiba di sana pukul 17.45 WIB.

Saat dirujuk ke RSUD dr Soeselo, Slawi, Ki Enthus yang masih dalam keadaan koma mendapatkan bantuan oksigen.

Selengkapnya... 

2. Menelisik Leluhur Prabowo hingga Para Raden Banyumas

Prabowo Subianto ketika berziarah di Makam Utama Raden Yudhanegara II, Dawuhan, Banyumas. (Foto: Liputan6.com/Muhamad Ridlo)

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto memiliki silsilah dengan Joko Kaiman, Sang Adipati Mrapat, yang membagi Banyumas menjadi empat kadipaten (kabupaten), yakni Banyumas, Cilacap, Banjarnegara, dan Purbalingga.

Jika ditelisik lebih jauh lagi, Prabowo memiliki pertalian darah dengan raja-raja Mataram Islam.

Pertalian yang kuat silsilah Prabowo Subianto dengan leluhurnya di Banyumas, sempat memunculkan wacana kuat bahwa deklarasi pasangan Prabowo sebagai calon presiden (capres) dan calon wakil presidennya bakal dilaksanakan di Banyumas.

Selengkapnya... 

3. Perjalanan Hidup Ki Enthus, dari Dalang Terbaik hingga Jadi Bupati Tegal

Dengan kreasi dan imajinasinya, Ki Enthus bisa menciptakan karakter wayang kontemporer mulai dari George Bush hingga Gunungan Tsunami. Kreasi itu kini dikoleksi sejumlah museum dunia. (Liputan6.com/Fajar Eko Nugroho)

Ki Enthus Susmono, bupati petahana Kabupaten Tegal yang juga dalang nyentrik, tutup usia pada Senin malam, 14 Mei 2018, sekitar pukul 19.15 WIB di RSUD Soeselo Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah.

Wayang dalam hidup Ki Enthus sudah mendarah daging. Ia merupakan anak satu-satunya Soemarjadihardja, yang merupakan dalang wayang golek Tegal, dengan istri ketiga bernama Tarminah.

Dari garis keturunan ayah, kakek moyang Ki Enthus juga dikenal sebagai dalang ternama bernama RM Singadimedja yang sering dipercaya tampil pada masa pemerintahan Sunan Amangkurat di Mataram.

Selengkapnya...

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini