Sukses

Keren, Dosen ITB Masuk 30 Besar Ilustrator Botani Terbaik Dunia

Dosen Program Studi Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Bandung (ITB) Ichsan Suwandhi berhasil masuk dalam daftar 30 ilustrator botani terbaik dunia dalam The 2018 Margaret Flockton Award.

Liputan6.com, Bandung - Meski kemajuan teknologi dalam dunia identifikasi tumbuhan kini sudah sangat pesat, dunia ilustrasi botani rupanya masih belum ditingggalkan.

Hal ini dibuktikan oleh dosen Program Studi Rekayasa Kehutanan Institut Teknologi Bandung (ITB) Ichsan Suwandhi melalui prestasinya yang berhasil masuk dalam daftar 30 ilustrator botani terbaik dunia dalam The 2018 Margaret Flockton Award.

Ajang ini merupakan penghargaan bergengsi bagi para ilustrator botani terbaik di seluruh dunia dan berfokus pada pelestarian ilustrasi botani sebagai alat yang penting dalam dunia identifikasi tumbuhan dan ilmu pengetahuan.

Pasca-pengumuman penghargaan tersebut, karya Ichsan yang merupakan satu-satunya ilustrator Indonesia yang mendapat penghargaan ini dipamerkan dalam exhibition yang berlangsung di Maiden Theatre, Sydney, Australia pada 21 April-6 Mei 2018 bersama karya-karya ilustrasi botani terbaik di seluruh dunia.

Ilustrasi botani merupakan seni menggambarkan bagian tumbuhan sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai alat identifikasi yang sederhana untuk mengetahui nama ilmiah tumbuhan yang dimaksud.

Sebelum era informasi dan teknologi kamera yang kini sudah sangat canggih, ilustrasi botani merupakan alat identifikasi tumbuhan yang penting. Ilustrasi botani yang baik memerlukan ketelitian tinggi dalam menggambar.

Ciri-ciri kunci yang menjadi penentu nama ilmiah tumbuhan yang dimaksud harus digambarkan dengan baik, jelas, dan proporsional. Begitu juga dengan karya Ichsan. Karyanya memenuhi seluruh kriteria yang diperlukan untuk mendapatkan penghargaan ini.

Ichsan sudah menggeluti dunia ilustrasi botani selama 10 tahun. Karya-karya dia sebelumnya hanya disimpan pribadi sebagai hobi atau dipamerkan dalam pameran lokal. Selain itu, beliau juga aktif menularkan ilmu ilustrasi botaninya dalam praktikum taksonomi tumbuhan, program studi Rekayasa Kehutanan.

Nama Ichsan merupakan satu-satunya perwakilan Indonesia yang masuk dalam daftar penghargaan ini. Ia pun mempersembahkan penghargaan ini untuk kemajuan dunia penelitian Indonesia terutama di bidang tumbuhan serta nama baik ITB.

“Ini semua untuk ITB. Saya senang mendapatkan penghargaan ini, semoga dapat menjadi pemacu dosen dan mahasiswa lainnya untuk berprestasi juga,” ujar Ichsan dilansir laman resmi ITB.

Ichsan berharap ada penerus di bidang ilustrasi botani ini sehingga seni ilustrasi botani dapat lestari. Menurut dia, meskipun teknologi fotografi dan identifikasi tumbuhan sudah maju pesat, ilustrasi tetap menjadi alat identifikasi yang cepat dan mudah saat digunakan di dalam hutan dan perlu dilestarikan.

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini