Sukses

Sensasi Pagi Timur Tengah ala Warga Pasuruan

Ada sekitar 500 pohon kurma dengan berbagai varietas di Kebun Kurma yang terletak di Pasuruan.

Pasuruan - Untuk melihat pohon kurma dan meniikmati langsung buah itu langsung dari pohonnya, warga Jawa Timur kini tak perlu lagi harus bersusah payah pergi ke negara-negara kawasan Timur Tengah. Semuanya tersedia di sebuah perkebunan pohon kurma yang telah disulap menjadi tempat wisata bernama "Duta Wisata Kebun Kurma", yang terletak di Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Pasuruan.

Pantauan Times Indonesia, para pengunjung bisa melihat dari dekat, secara langsung belasan pohon kurma yang sedang berbuah. Tidak hanya satu jenis, berbagai macam jenis pohon kurma terdapat di tempat wisata kebun kurma milik almarhum H Roeslan tersebut.

"Ada sekitar 500-an pohon kurma yang ditanam di sini. Terdiri dari beragam jenis dan asalnya," terang Ida salah satu staf di Wisata Kebun Kurma tersebut.

Ida menjelaskan bahwa untuk kultur jaringan, ada varietas kurma barhee, madjoel, lulu, dan sultana. Sedangkan, untuk jenis kurma lokal Timur Tengah ada varietas ajwah, emirat, kholas, dan sayer.

"Untuk varietas pohon kurma kultur jaringan yang berasal dari Inggris, saat ini sudah berumur 3 tahun. Nah, rata-rata pohon kurma berbuah sekitar umur 8 sampai 10 tahun," jelasnya.

Baca juga berita menarik lainnya di Timesindonesia.co.id.

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berburu Kurma Muda

Saat ini, ada sekitar 12 pohon kurma yang sedang berbuah lebat. Satu pohon bisa menghasilkan sekitar 3 hingga 5 kilogram buah kurma. Namun, uniknya, para pengunjung yang datang ke Kebun Kurma ini malah banyak yang berburu buah kurma muda, yang dipercaya berkhasiat bagi kesehatan dan vitalitas, juga sangat manjur untuk kesuburan bagi kaum wanita yang ingin menambah momongan.

"Iya, banyak yang beli kurma muda buat cepat hamil katanya. Di sini kami jual kurma muda per biji dengan harga antara Rp 3 ribu hingga Rp 5 ribu," imbuh Ida.

Selain kurma muda, tentu saja para pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai macam jenis buah kurma yang telah matang dan siap makan.

Selain pohon kurma, di wisata kebun ini juga ada pohon siwak, buah tin, zaitun, matoa, anggur pohon, delima hitam, delima merah, kelengkeng, dan masih banyak lagi ragam aneka tumbuhan khas Timur Tengah.

Ya, selain menghadirkan suasana layaknya di wilayah jazirah Arab, di wisata kebun kurma ini juga dilengkapi dengan miniatur Kakbah, aneka wahana permainan seperti sepeda udara, ATV, juga tak ketinggalan sejumlah spot swafoto dan Oemah Jungkir bagi yang ingin berswafoto dengan posisi unik.

Tak ketinggalan pula, sebuah pesawat yang dialihfungsikan sebagai pusat penjualan suvenir dan oleh-oleh bagi para pengunjung. Nah, tunggu apalagi? Ayo datang ke Kebun Kurma, untuk menikmati suasana layaknya di Timur Tengah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.