Sukses

Cerita Peserta Touring Sepeda Mudik Cantik Lewati Jalur Pantura Cirebon

Puluhan peserta touring mudik Lebaran harus berkonsentrasi penuh saat melintasi jalur pantura Jawa Barat

Liputan6.com, Cirebon - Kawasan pantura Cirebon tak hanya banyak dikunjungi para wisatawan saat berlibur. Jalur tersebut menjadi salah satu tujuan kelompok masyarakat yang hobi touring.

Salah satunya adalah Touring Sepeda mudik Lebaran dari Jakarta menuju Surabaya. Tercatat 50 pesepeda sampai dan menyempatkan diri bersitirahat di Terminal Harjamukti Cirebon.

Salah seorang peserta Touring Sepeda Mudik Lebaran Melia Suteja (40) mengaku baru melewati rute pantura ini. Dia menyebutkan, dari 50 peserta, empat orang adalah wanita.

"Rute Jakarta - Surabaya via pantura ini baru pertama kali saya lewati biasanya estafet tidak berturut turut dan itu juga lewat jalur selatan seperti Tasikmalaya," kata Melia, Senin (30/4/2018).

Meli yang sudah lima tahun menggeluti hobi bersepeda tersebut mengaku rute punya tantangan banyak. Cuaca panas, hingga debu polusi tiap kendaraan menjadi fokus utama para peserta touring Mudik Lebaran.

Selain itu, Melia mengaku, para pesepeda yang gowes melalui jalur pantura harus fokus dan berhati-hati. Dia mengaku, tidak sedikit menemukan lubang di jalan dengan diameter yang cukup mengkhawatirkan.

"Kami mesti konsentrasi penuh lewat pantura ini dan menjadi masukan juga ke Kementerian Perhubungan dan PUPR agar diperbaiki sebelum musim Mudik Lebaran tiba," ujar dia.

Dia mengaku, selama gowes di Pantura, peserta lebih meningkatkan koordinasi. Peserta harus mengatur jarak agar tidak saling tertinggal dengan peserta lainnya.

"Saling memberi tahu kalau ada jalan berlubang ya pokoknya dibuat santai tapi konsentrasi penuh," sambung Meli.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Safety Riding

Melia mengatakan, dalam melakukan touring sepeda mudik lebaran tersebut, peserta mengusung kampanye safety riding. Dia menyebutkan, pada perjalanannya, peserta touring sepakat untuk tetap jalan bersama.

"Start Together and Finish Together sepanjang perjalanan selalu bersama sambil kampanye safety riding,"kata dia.

Pada kesempatan tersebut, Melia mengaku sering mengikuti kegiatan touring sepeda. Sejumlah daerah di Indonesia pun pernaha dilewatinya dengan cara gowes.

Ibu satu anak ini mengaku sangat menyukai sepeda, bahkan dia menyempatkan waktu untuk gowes sebelum berangkat bekerja. Dari catatan perjalanannya, gowes terjauh yang pernah ditempuh Melia ke Labuan Bajo, Larantuka, Kupang hingga Timor Timur.

"Sehabis Salat Subuh saya gowes kemudian jam 7 pagi mulai berangkat kerja," ujar dia.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melepas sekitar 150 pengemudi sepeda dalam sebuah program bertajuk 'Touring Sepeda Mudik Lebaran 2018' yang dilaksanakan di samping Mandarin Oriental Hotel dan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (29/4/2018).

Dia mengatakan, dengan memberangkatkan ratusan pengemudi sepeda dari Jakarta menuju ke Surabaya ini, itu merupakan bentuk perhatian pemerintah bahwa jumlah kecelakaan yang terjadi pada saat lalu lintas mudik nanti bisa diminimalisiasi.

Saksikan vidio pilihan berikut ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.