Sukses

KPK Beraksi di Garut, Ada Apa?

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan pemeriksaan terhadap belasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Garut, Jawa Barat, ada apa?

Liputan6.com, Garut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa belasan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Garut, Jawa Barat. Ada apa?

Pjs Bupati Garut Koesmayadi Tatang Padmadinata menyatakan, pelaksanaan pengawasan yang dilakukan lembaga anti-rasuah itu untuk memastikan ada atau tidaknya pelanggaran hukum dalam penggunaan anggaran yang mengarah pada tindak pidana korupsi. Garut

"Ada sekitar 11 OPD yang diperiksa, antara lain Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Pekerjaan Umum, Perizinan dan lainnya," ujar dia di Pendopo Garut, Minggu, 29 April 2018. 

Koes, sapaan akrab Koesmayadi, mengatakan ada dua orang KPK dari Deputi Pencegahan yang sengaja didatangkan ke Kabupaten Garut dalam kegiatan itu. Upaya itu, ujar dia, untuk mengetahui dan memeriksa secara langsung kinerja tiap OPD dalam penggunaan anggaran anggaran negara.

"Memang saya sengaja undang, jadi bukan langsung datang. Kami pun di provinsi saat pembahasan biasa di belakangnya ada mereka (KPK)," ucap dia.

Menurut dia, pemeriksaan itu merupakan sesuatu hal lumrah yang biasa dilakukan KPK untuk melakukan pencegahan, sekaligus peringatan bagi ASN agar tidak melakukan tindak pidana korupsi di Kabupaten Garut.

"Ini sifatnya peringatan. Saya juga sering mengingatkan, hati-hati loh," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Saber Pungli

Anggota Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Provinsi Jawa Barat itu menambahkan, selain Garut, kegiatan monitoring dan evaluasi (Monev) KPK itu kerap dilakukan dalam pembahasan anggaran di Provinsi Jawa Barat.

"Kebetulan kita berikan kantor di Gedung Sate juga, jadi mereka tahu (kegiatan)," kata dia.

Selain kegiatan monev KPK tersebut, Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat telah disebar di seluruh OPD untuk mengawasi seluruh aktivitas kinerja aparatur pemerintahan Kabupaten Garut.

"Ada kawan saya (Tim Saber Pungli) yang berkeliaran di Garut," kata dia mengingatkan.

Dengan upaya itu, Koes berharap seluruh aktivitas dan pelayanan aparatur sipil di Kabupaten Garut bebas dari tindak pidana korupsi.

"Istilahnya seperti ada rambu-rambu, kita ingatkan, undang KPK untuk berikan pembinaan, bukan untuk OTT, (Operasi Tangkap Tangan)," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, Indonesia.
    Garut adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, Indonesia.

    Garut

  • Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi
    Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara untuk memberantas tindak pidana korupsi

    KPK

  • OTT KPK dilakukan ke para pejabat yang terindikasi melakukan korupsi atau pungutan liar di Indonesia.

    OTT KPK

Video Terkini