Sukses

Syarat Unik Hapus Tato Gratis di Cirebon

Komunitas ini siap menggratiskan penghapusan tato di badan dengan syarat yang sederhana.

Liputan6.com, Cirebon - Butuh tekad yang besar bagi seseorang untuk memutuskan menghapus tato di tubuh. Sebab, menghapus tato tidak semudah memutuskan untuk menato diri.

Anggota Komunitas Berani Berhijrah Baik (BHB) Jakarta, Wangkie mengatakan, untuk menghapus tato dari tubuh, memerlukan proses yang panjang. Menurut dia, menghapus tato tidak secepat saat menato.

"Harga variatif tapi rata-rata 1 kali tembakan laser Rp 10 ribu nah tato kan berdasarkan sentimeter kalau ukuran tatonya besar ya berapa kali tembakan laser. Minimal Rp 500 ribu sekitar 5 cm tato itu baru treatment pertama," ujar dia di sela kegiatan penghapusan tato bagi yang berhijrah di Cirebon, Minggu, 29 April 2018.

Hingga saat ini, kontroversi tato antara seni dan larangan agama masih terus bergulir. Dia mengatakan, dalam gerakan membantu penghapusan tato secara cuma-cuma ini, dikhususkan bagi orang yang sudah memantapkan diri ingin berhijrah.

Sebab, untuk menghapus tato butuh minimal 10 hingga 20 kali penembakan laser. Namun, semua tergantung bagaimana kondisi tinta tato yang menempel di tubuh.

"Satu kali treatment minimal Rp 500 ribu per 5 sentimeter. Lebih baik berpikir ulang dan saran saya tidak ditato," ujar dia.

Wangkie mengatakan, program menghapus tato gratis yang digelar di Cirebon ini bagian dari gerakan sosial bagi orang yang berani berhijrah. Wangkie bersama komunitasnya memberikan layanan penghapusan tato secara cuma-cuma.

Dia mengatakan, untuk menghapus tato di tubuh, ada syarat yang harus dipenuhi, yakni menghafal minimal 40 ayat Surat Ar Rahman dan menyerahkan bukti rekam medis terbaru dari rumah sakit.

"Intinya untuk kebaikan mereka juga pendaftaran via medsos BHB kemudian japri saja," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berkeliling Berdakwah

Gerakan menghapus tato oleh komunitas BHB tak hanya dilakukan di Cirebon, komunitas yang berdiri lebih dari satu tahun tersebut terus menggelar kegiatan serupa di daerah lain.

Dia mengatakan, tidak sedikit orang yang menginginkan untuk menghapus tato. Namun, mahalnya biaya penghapusan tato membuat mereka pasrah.

Meski demikian, Wangkie mengaku syarat untuk menghapus tato gratis sangat mudah. Dia menjelaskan, menghafal surat Ar Rahman menjadi salah satu bukti kesungguhan seseorang untuk berani berhijrah.

"Kami juga terlebih dahulu berkomunikasi dengan orang tersebut menilai kesungguhannya karena setelah ikut program kami tak akan lepas begitu saja kami akan berikan jadwal treatment," ujar dia.

Hingga saat ini, tercatat lebih dari seribu orang telah mendaftarkan diri kepada BHB. Namun, baru puluhan orang yang benar-benar sukses menghapus tato di tubuh mereka.

Dia mengaku keterbatasan alat menjadi kendala utama dalam menjalankan program tersebut. Namun demikian, komunitas BHB tak patah semangat untuk terus memotivasi orang yang ingin serius berhijrah.

"Dari alat tidak semua komunitas yang ada di daerah punya alatnya. Mungkin habis lebaran kami gerak lagi di mana tempatnya pantau saja sosmed kami, daftar 3 minggu sebelum kami bergerak," ujar dia.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.