Sukses

Ketika Sultan dan Raja se-Nusantara Berkumpul Bahas Masalah Budaya dan Negara

Ketua DPP Syarikat Islam (SI) Hamdan Zoelva menjelaskan jika peran kesultanan begitu penting untuk menjaga nilai-niai kebudayaan.

Liputan6.com, Makassar - Sebanyak 50 sultan atau raja Nusantara hadir dan berkumpul di Makassar. Kedatangan mereka ini untuk menghadiri acara milad 50 tahun Universitas Cokroaminoto (UCM) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Rektor UCM, Muhammad Asdar mengatakan kedatangan puluhan sultan dan raja dari berbagai daerah di nusantara ini tentunya merupakan sebuah kebanggaan yang begitu luar biasa bagi UCM.

"Kami begitu berbangga dengan kedatangan para sultan nusantara di kampus kami. Saya juga berterima kasih keinginan Menteri Pertanian untuk datang meski pada akhirnya batal karena mendadak ada kegiatan penting namun tetap mengirimkan perwakilannya," katanya dilansir Antara, Sabtu (28/4/2018).

Selain dihadiri 50 sultan nusantara, acara yang juga dimanfaatkan untuk ajang silaturahmi organisasi Syarikat Islam itu dihadiri Ketua DPP Syarikat Islam (SI) Hamdan Zoelva.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini menjelaskan, 50 sultan nusantara yang hadir dalam acara spesial bagi UCM ini terdiri dari 25 raja sultan dari luar Sulsel dan 25 sultan yang berasal dari wilayah Sulawesi Selatan.

Adapun para sultan itu di antaranya Sri Sultan Mahmud Badarudin (Palembang), Sultan Bangsa dari Mukon Muko, Sultan Juanda (Bengkulu), Hamidah (Bengkulu Utara), Dr Darma (Jawa Barat), Bayu Adrianto dari Rembang yang juga saat ini sebagai wakil Bupati Rembang serta Raden Ali (Jawa Timur).

Selain itu, hadir pula dari kesultanan atau kerajaan Singosari, hingga keturunan dari raja Majapahit yakni Wijaya Adikusuma, Prof Sulaiman di Poso, serta Hari Gondo Prawiro dari Kerajaan Kutai Kartanegara.

"Untuk dari wilayah Sulawesi Selatan juga menyempatkan diri hadir. Kami memang hanya fokus menggenapkan sebanyak 50 sultan karena sesuai dengan usia dari UCM," jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menjelaskan jika peran kesultanan begitu penting untuk menjaga nilai-niai kebudayaan. Apalagi kerajaan sebelumnya begitu berkontribusi besar terhadap perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Kita berharap dengan kegiatan silaturahmi bersama para sultan se-nusantara ini memberikan pengaruh yang positif bagi kemajuan bangsa dan negara ke depan," ujarnya.

Pada peringatan milad UCM hari ini juga akan dirangkaikan dengan pembanguan Masjid Kampus UCM.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.