Semerbak Aroma Durian Raksasa Asal Kendal

pada 28 Apr 2018, 08:03 WIB
3 Barang yang Tak Laku Dijual di Ambon tapi Berharga Mahal di Aru

Bantul - Pengunjung yang hadir pada acara Invesda Expo 2018 di Jogja Expo Center dibuat tercengang ketika melewati sebuah stand di sudut sebelah timur. Bau harum semerbak buah durian tercium seketika dari stand itu.

Beberapa lantas bertanya, dari mana bau wangi durian tersebut berasal pada petugas penjaga stand. Penjaga stand dengan halus menjawab, "Dari buah yang di atas meja ini, yang dua besar-besar ini," ungkapnya pada beberapa pengunjung.

Sontak pengunjung kaget karena mengira buah durian yang dipasang tadi adalah hiasan dan bukan buah asli karena ukurannya yang tak biasa. "Lho, saya kira ini hanya hiasan, ternyata ini asli toh, kok besar sekali," sambut seorang bapak kaget.

Buah Durian Montong yang diberi merek Ibana tersebut ternyata berasal dari Plantera Fruit Paradise di Patean Kendal Jawa Tengah. Didik Panca Agung, Kepala Bagian Resto Plantera Fruit Paradise pun menceritakan bahwa di lokasi yang dikelolanya, buah dengan ukuran berat 8-15 kilogram cukup biasa ditemukan.

"Kami kembangkan sejak 2005 dan ternyata terus berkembang hingga saat ini dengan total kebun mencapai 8 ribu hektare baik untuk durian montong, kelengkeng, jeruk, pepaya, melon, dan beberapa buah tropis lainnya. Durian montong yang kami beri merek Ibana ini bahkan sangat banyak diminati karena rasa enak dan daging buah yang tebal," ungkapnya ketika berbincang dengan KRjogja.com, Jumat (27/4/2018).

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

2 of 2

Wisata Edukasi

Durian Raksasa
Durian montong raksasa yang ada di Invesda Expo 2018 berasal dari Kendal Jawa Tengah (KRJogja.com/Harminanto)

Didik Panca mengatakan, di Plantera Fruit Paradise pengunjung yang datang bisa melakukan berbagai kegiatan menarik mulai dari menanam pohon, memanen buah hingga makan sepuasnya. "Temanya memang wisata sembari belajar di mana pengunjung bisa menanam dan makan buah, misalnya untuk durian Rp 200 ribu bisa makan sepuasnya," sambungnya.

Sepanjang tahun, pengunjung yang hadir ke Plantera bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda karena masa panen buah yang berbeda setiap musimnya. "Durian biasanya dari Desember hingga April dan diikuti kelengkeng, terus berganti seturut musimnya," ungkapnya lagi.

Nah, tampaknya cukup menarik merasakan panen buah durian dengan berat mencapai 8 hingga 15 kilogram langsung dari pohonnya ya. Langsung saja kunjungi Plantera Fruit Paradise di Patean Kendal Jawa Tengah. 

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓