Sukses

Patung Ganesha Kuno Muncul Kembali Usai 2,5 Bulan Mendadak Hilang

Patung ganesha hilang sehari setelah ditemukan warga saat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata hendak memeriksanya.

Liputan6.com, Temanggung - Warga Dusun Mangli, Desa Muntung, Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menemukan kembali patung ganesha yang hilang beberapa waktu lalu setelah diangkat dari sebuah makam setempat.

Staf Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung Waluyo di Temanggung, Jumat, mengatakan patung ganesha yang diduga peninggalan zaman Mataram Kuno tersebut ditemukan lagi tidak jauh dari lokasi penemuan pertama pada 11 Februari 2018.

Ia mengatakan patung tersebut ditemukan Andi Prabowo dan Wijiadi ketika sedang bersih-bersih makam untuk persiapan nyadran.

Waluyo menuturkan, patung ganesha dalam kondisi relatif utuh tersebut terpendam tanah 30 sentimeter. Posisinya tertelungkup, berjarak sekitar lima meter dari lokasi penemuan pertama.

"Saat warga bersih-bersih makam pagi tadi, Andi dan Wiji menggali tanah di lokasi pemakaman untuk digunakan sebagai tempat pembuangan sampah. Cangkul terantuk batu ternyata patung ganesha yang hilang kemarin," katanya, dilansir Antara, Sabtu, 21 April 2018.

Patung tersebut pertama kali ditemukan pada 12 Februari 2018 saat warga membuat makam. Namun pagi harinya, patung mendadak hilang ketika akan diperiksa Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Perangkat Desa Muntung Sugito mengatakan dengan temuan tersebut kemudian melaporkan kepolisian dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Temanggung.

"Polsek Candiroto sudah mengamankan patung tersebut. Sekarang patung berada di Mapolsek Candiroto," katanya.

Kanit Reskrim Polsek Candiroto Aiptu Ismanto mengatakan patung atau arca yang ditemukan warga berdasar pemeriksaan identik dengan arca yang hilang Februari lalu.

"Kami masih mendalami temuan arca itu, apakah arca sengaja dipendam lagi oleh seseorang untuk pengamanan atau ada hal lain," katanya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.