Sukses

Sambut Pagi Sambil Memetik Teh di Andung Biru Probolinggo

Kebun teh ini ada sejak tahun 1918, dan berkembang secara perlahan sampai tahun 1930 hingga saat ini 2018.

Probolinggo - Kebun teh, tidak hanya dijadikan lahan penghasil teh, tetapi tidak kalah asyik jika berwisata mengelilinginya atau biasa disebut tea walk. Seperi di wahana wisata kebun teh, yang terletak di Desa Andung Biru, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Di sini, kita bisa menikmatinya serunya petik daun teh serta melihat pemadangan alam yang sejuk nan alami.

Pantauan Times Indonesia, untuk menuju ke lokasi wisata kebun teh ini, harus melewati jalanan yang terjal dan tak bisa dilalui kendaraan biasa. Jika menggunakan roda empat, harus memakai kendaraan jenis jip. Lokasi kebun teh yang berada di ketinggian 900-1.300 mdpl itu berada 60 kilometer dari Kota Kraksaan.

Kebun teh yang mempunyai luas sekitar 183,49 hektare di Afdeling Lawang Kedaton, Kebun Gunung Gambir ini, dimiliki Perusahaan Terbatas Perkebunan Nusantara (PTPN) XII. Kebun teh ini ada sejak tahun 1918, dan berkembang secara perlahan sampai tahun 1930 hingga saat ini 2018.

Wisata ini selalu ramai oleh pengunjung lokal dan nasional, setiap hari, apalagi setiap hari libur. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Kebun Teh Andung Biru ini, memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat disayangkan jika kita belum menikmati keindahan dan serunya petik daun tehnya.

"Sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional. Keindahan wisata kebun teh ini sangat baik yang berada di dekat atau di kejauhan. Udaranya sejuk dan keindahan yang alami, meski harus melewati jalanan yang terjal, tapi disitulah suka dukanya untuk sampai ke wisata ini," tutur Yulis Widyarningrum, salah satu pengunjung, Selasa (17/4/2018).

 

Baca berita menarik lainnya dari Times Indonesia di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jalur yang Menantang

Perkebunan teh ini menjadi salah satu objek wisata yang menawarkan suasana hijau khas perkebunan teh, dengan udara yang dingin dan sejuk serta pemandangan alam yang eksotis.

"Kami bisa menikmati aroma daun teh yang segar, dengan daerah perbukitan yang indah. Selain bisa menyaksikan para pemetik teh di sekitar perkebunan, kami juga bisa ikut memetik secara langsung dan melihat proses pembuatan teh untuk bisa langsung diminum,” tambah Yulis.

Sementara itu, Kabag Humas dan Protokol Pemkab Probolinggo, Bambang Julius mengatakan, trip ke kebun teh di Desa Andungbiru memang sangat luar biasa dan mengesankan. Apalagi medannya yang menantang itu membuat para peserta atau wisatawan heboh.

"Medannya memang menakutkan, namun asyik. Semua pengunjung tak mempunyai efek jera meski jalannya curam. Mereka mesti dibuat ketagihan pergi ke kebun teh tersebut, dan itu, lanjutnya, akan terus dikembangkan, sebagai wahana wisata kebun teh," ujarnya.

Di Kecamatan Tiris sendiri ada tujuh objek wisata, selain kebun teh. Antara lain Candi Kedaton, Air Terjun Mukjizat, Air Panas, Ranuagung, Ranu Segaran, Ranu Agung dan lainnya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.