Sukses

Aksi Terjun Bebas Pilot Pesawat Tempur F16 di Riau

Saat digunakan untuk latihan, pesawat tempur yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn), Riau mengalami gangguan sistem dan pecah ban.

Pekanbaru - Akibat gangguan sistem, seorang pilot pesawat tempur F-16 yang bermarkas di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) terpaksa harus melakukan eject atau melompat dari pesawat yang sedang terbang. Aksi itu dilakukan ketika sang pilot tepat berada di atas salah satu perairan di Riau.

Gagalnya sistem ini dilaporkan dan diketahui pertama kali oleh Duty Ops yang langsung menyampaikannya ke Kadisops Lanud Rsn. Kepala penerangan dan perpustakaan (Kapentak) Lanud Roesmin Nurjadin, Mayor sus Rizwar mengatakan usai mendapatkan laporan tersebut, personel Lanud yang sedang bertugas langsung menuju titik kordinat menyelamatkan pilot yang saat itu sudah berada di lautan.

"Seluruh personel dan satuan langsung mengerahkan helikopter TNI AU yang sedang standby SAR di Lanud Rsn beserta tim rescue menuju ke titik koordinat yang sudah didapatkan," katanya kepada Riauonline.co.id, Jumat (13/4/2018).

Dia menambahkan, heli langsung melakukan penyelamatan dengan melibatkan personel Yonko 462 Paskhas dengan melakukan free jump dengan cara mengangkat penerbang menggunakan hoist menuju helikopter. Kemudian, pilot pesawat tempur itu langsung dibawa ke Lanud Rsn.

"Begitu sampai di Lanud, penerbang dengan cepat dibawa menuju RSAU dr. Sukirman Lanud Rsn untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan medis lebih lanjut," dia memaparkan.

Rizwar menambahkan pesawat tempur yang masih memiliki satu awak tersebut akhirnya mendarat. Ternyata, pesawat itu mengalami pecah ban sehingga langsung ditangani oleh crash team dan rescue (SAR) team serta kendaraan pendukung lainnya yang sebelumnya telah standby di Lanud Rsn.

 

Baca berita menarik lainnya dari Riauonline.co.id di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesawat Latihan

Rizwar menambahkan, serangkaian latihan Search and Rescue (SAR) serta penanganan kondisi darurat atau emergency yang baru saja berakhir pada Kamis 12 April 2018 itu merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan para personel.

"Peningkatan kemampuan harus terus dilakukan. Oleh sebab itu Lanud Roesmin Nurjadin menggelar latihan Search and Rescue (SAR) serta penanganan kondisi darurat atau emergency," jelasnya.

Pada kesempatan yang berbeda, Kasiopslat Disops Mayor Pnb Putut Hanggiro mengatakan bahwa latihan yang dilakukan selama dua hari ini bertujuan untuk mengingatkan kembali pelajaran serta membina dan meningkatkan keterampilan saat situasi darurat di darat ataupun di udara.

"Latihan ini bertujuan untuk me-refresh kembali prosedur serta membina dan meningkatkan keterampilan dalam menghadapi situasi darurat terhadap korban kecelakaan pesawat udara maupun saat menghadapi situasi emergency pada kegiatan di darat maupun di udara," dia menandaskan.

Latihan ini melibatkan lebih dari seratus orang yang terdiri dari personel Lanud Rsn, Yonko 462 Paskhas serta kru heli ini mengambil tempat di Danau Buatan untuk pelaksanaan latihan SAR dan area Hanggar Lengkung untuk pelaksanaan latihan penanganan kondisi emergency ketika terjadi pecah ban saat mendarat.

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.