Sukses

Paksa Berangkat Umrah, Calon Jemaah Biro Travel Ogah Diberi Jaminan Mobil

Para calon jemaah umrah hanya minta jaminan yang jelas untuk memberangkatkan kembali jemaah pada Oktober 2018 nanti sesuai dengan pernyataan biro travel itu sebelumnya.

Pekanbaru - Puluhan jemaah gagal berangkat umrah karena ketidakjelasan Biro Travel PT Kiblatain Jaya Wisata. Anggota DPRD Riau Dapil Rohil Husaimi Hamidi mengaku hingga saat ini mediasi antara PT Kiblatain Jaya Wisata dan puluhan jemaah lain belum terselesaikan.

Husaimi mengatakan dirinya mengawal kasus tersebut karena cukup banyak jemaah dari daerah pemilihannya yang menjadi korban ketidakjelasan prosedur Biro Travel yang beralamat di Jalan Imam Munandar ini.

"Kita minta dia (PT Kiblatain Jaya Wisata) untuk memberikan jaminan terkait keberangkatan jamaah umrah yang sebelumnya batal berangkat ke tanah suci pada 27 Maret 2018," ungkap Anggota komisi V ini kepada Riauonline.co.id, Rabu, 11 April 2018.

Husaimi menambahkan, dia dan para calon jemaah meminta jaminan tersebut karena tidak mau lagi dibohongi oleh Biro Travel itu. Hal ini menurut dia sah-sah saja.

Kata Husaimi, Biro Travel itu sebenarnya sudah mengajukan jaminan yakni satu unit mobil, tetapi para calon jemaah tidak terima karena itu tidak sebanding dengan uang yang sudah disetorkan.

"Jemaah belum mau, dan Biro Travel diberi waktu 15 hari untuk memberikan jaminan," dia menambahkan.

Pihaknya, lanjut Husaimi, hanya minta jaminan yang jelas untuk memberangkatkan kembali jemaah pada Oktober 2018 nanti sesuai dengan pernyataan biro travel umrah itu sebelumnya.

"Tapi mereka tidak ada jaminan, kita minta lihatkan rekening koran saja mereka tidak mau, itu kan artinya uang itu sudah habis," tutur politikus PPP ini.

 

Baca berita menarik lainnya dari Riauonline.co.id di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pihak Travel Enggan Berkomentar

Selain itu, Husaimi mendapat laporan dari jemaahnya bahwa biro travel ini juga akan memberangkatkan 100 jemaah lagi pada bulan April ini, dan ia yakin permasalahan seperti ini akan terulang kembali.

"Saya dapat laporan dari jamaah di Dapil saya, Rokan Hilir, katanya akan berangkat pada bulan April ini juga, selain itu juga ada dari daerah lain," tutupnya.

Ketika dimintai konfirmasi, hingga saat ini biro travel tersebut enggan dimintai keterangan. Saat beberapa awak media mencoba mendatangi kantornya, Kepala Cabang Pekanbaru, Muslim meminta wartawan langsung ke kuasa hukumnya saja.

Namun, saat Muslim akan memberikan nomor kontak kuasa hukumnya, salah seorang wanita yang berada di kantor tersebut melarangnya.

Wanita bergamis hitam tersebut juga memaki serta melecehkan beberapa wartawan dan menuding pemberitaan selama ini adalah fitnah.

"Tidak penting, keluar sajalah kalian, cari uang kok kaya gini," ungkap wanita tersebut.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.