Sukses

Dugaan Pemicu Suara Misterius dari Dalam Tanah di Bantul

Polisi dan warga Bantul sempat menggali di lokasi sumber suara misterius, tapi belum menemukan jawaban apa pun.

Liputan6.com, Yogyakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Yogyakarta menelusuri penyebab munculnya suara misterius dari dalam tanah di Dusun Depok, Desa Gilangharjo, Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, dengan memasang seismograf portabel di dusun itu.

"Jadi dengan alat itu, diharapkan kita bisa tahu sumber getarannya, kemudian apa yang terjadi," kata Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, I Nyoman Sukanta di sela-sela diskusi bertajuk "Yogya Tanggap Bencana" di Yogyakarta, Rabu, 4 April 2018, dilansir Antara.

Menurut Nyoman, berdasarkan dugaan sementara, suara gemuruh di dalam tanah itu disebabkan longsoran bawah tanah. Dia mengatakan pihaknya menduga longsoran itu dipicu karena adanya sungai bawah tanah yang kemungkinan ada di kawasan yang lapisan tanahnya terdiri atas batuan gamping.

"Batuan gamping itu tidak tahan air. Kalau terkena air dia bolong, sehingga berarti ada longsoran," kata dia.

Ia memperkirakan kondisi tanah gamping di daerah Pandak tersebut tidak jauh berbeda dengan di Gunungkidul yang saat ini memiliki banyak sungai bawah tanah.

"Kenapa di Gunungkidul banyak sungai bawah tanah karena di daerahnya batuan gamping. Sama seperti Gua Pindul juga sungai bawah tanah langsung menembus laut, sama seperti model-model seperti itu," kata dia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Gua

Namun karena di kawasan Pandak tidak terdapat gua, tidak dapat diketahui secara langsung ada atau tidaknya sungai bawah tanah. Terkait kemungkinan adanya aktivitas sesar atau tidak di kawasan itu, ia menyebut perlu penelitian mendalam.

Oleh sebab itu, untuk segera memastikan berbagai dugaan itu pihaknya memasang portabel seismograf. Dengan harapan, getaran akan terdeteksi secara jelas.

"Memang harus diteliti lebih dalam lagi, takutnya tiba-tiba runtuh bisa bolong tanahnya. Malam (Rabu) ini kita akan pasang alat lagi," kata Nyoman.

Sebelumnya, warga Dusun Depok, Desa Gilangharjo Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, mendengar suara gemuruh dari dalam tanah. Warga setempat dan petugas kepolisian beberapa waktu lalu pernah menggali asal sumber suara tapi hingga saat ini belum diketahui secara pasti dari mana sumber suara gemuruh itu.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.