Sukses

Palembang Akan Jadi Tuan Rumah Hari Diskon Nasional 2018

Menpar Arief Yahya akan menggelar Hari Diskon Nasional tahun ini di Palembang.

Liputan6.com, Palembang - Perhelatan Asian Games 2018 yang akan digelar di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), menarik minat Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya untuk menggelar Hari Diskon Nasional di Palembang.

Saat menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III-2018 Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia di Hotel Arista Palembang, Menpar Arief Yahya akan mengusulkan di dua kota sebagai tuan rumah Hari Diskon Nasional 2018.

“Kegiatan itu akan kita gelar pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) RI pada tanggal 17 Agustus 2018 nanti. Sekarang diusulkan dulu, karena bertepatan dengan Asian Games di Palembang dan Jakarta,” ujarnya, Kamis (5/3/2018). 

“Hari Diskon Nasional direncanakan akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo. Kita harus berkoordinasi bersama-sama, terutama Pemerintah Daerah (Pemda),” katanya.

Dalam kegiatan itu, Menpar Arief Yahya mendorong agar tiap daerah melahirkan produk conference dan exhibition, yang menjadi kolaborasi positif. Terutama koordinasi dengan INASGOC dan pihak airlines.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) juga akan bekerjasama dengan Kementrian Perdagangan (Kemendag), Himpunan Penyewa Pusat Belanja Indonesia (Hippindo) serta Kementrian Keuangan (Kemenkeu) untuk proses tax free.

Kota Palembang juga sudah banyak dilirik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, sebagai salah satu destinasi di Indonesia.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kalender Even 2018

Mereka juga akan membangun 100 destinasi digital terbaru dengan anggaran sebesar Rp 20 Miliar. Sedangkan Calender of Event 2018 sudah dialokasikan anggaran hingga Rp 100 Miliar.

“Paket pariwisata yang kita jual paling utama adalah ketersediaan dan pelayanan hotel, tiket perjalanan dan apa saja wisata yang bisa disajikan dan ditampilkan,” katanya.

Saat ini, lanjut Menpar Arief Yahya, pertumbuhan ekonomi baru meningkat sebesar 5 persen. Dimana pertumbuhan penduduk merangkak hingga 22 persen.

Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) juga diharapkan bisa mendorong dan pendukung program tersebut. Denganm menargetkan Visit Wonderfull meningkat hingga 2,5 Juta wisatawan.

Di awal tahun 2018, jumlah wisatawan hanya tembus sebanyak 1 Juta, dan meningkat sebesar 1,2 Juta di bulan Febuari. Saat ini Pulau Bali yang masih banyak menarik minat wisatawan, yaitu sekitar 500.000 orang tiap bulannya.

 

3 dari 3 halaman

Wisawatan Asian Games 2018

“Kontribusi wisatawan terbanyak masih di Bali sebesar 40 persen, lalu Jakarta sebanyak 30 persen dan Kepulauan Riau (Kepri) sebesar 20 persen,” katanya.

Di bulan Ramandhan, jumlah wisatawan akan menurun drastis hingga 50 persen. Namun akan ada kelonjakan di saat lebaran.

Kemenpar mengharapkan peran pemda dalam menggalakkan program Visit Wonderfull 2018. Terlebih di Sumatera Selatan (Sumsel), sudah dikenal hingga kancah internasional sebagai sport tourism.

“Tamu official Asian Games 2018 ada 20.000 dan jumlah penonton serta wisatawan lainnya bisa meningkat 10 kali lipat. Ini harus dipersiapkan secara matang oleh Pemda Sumsel dan Palembang,” ungkapnya.

Asian Games 2018 sendiri akan digelar di beberapa lokasi, salah satunya di Jakabaring Sport City (JSC) Palembang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.