Sukses

Tradisi Minum Teh Jelang UNBK di Probolinggo

Beragam cara dilakukan para guru agar siswanya lulus 100 persen dalam UNBK, termasuk mewajibkan siswa minum teh sebelum ujian.

Liputan6.com, Probolinggo - Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai sejak Senin, 2 April 2018, memasuki hari ketiga. Bermacam cara dilakukan para guru demi menyukseskan anak didiknya, salah satunya dengan menggelar tradisi minum segelas teh.

Tradisi itu berlaku bagi siswa SMKN 1 Kota Probolinggo, Jawa Timur. Sebelum mengikuti ujian, para siswa berdoa bersama. Setelahnya, mereka harus meminum segelas teh hangat.

Pihak sekolah sudah menyediakan teh sejak pagi bagi 346 siswa dari 5 kelas di SMKN 1 Kota Probolinggo. Harapannya, teh bisa membantu siswa lebih tenang saat mengerjakan soal-soal ujian.

Didik Purwandi, Kepala Sekolah SMKN 1 Kota Probolinggo mengatakan ada empat mata pelajaran yang diujikan selama empat hari berturut-turut, yaitu Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Teori Kejuruan.

"Kami sudah melakukan berbagai cara dengan harapan siswa kami lulus dengan baik, seperti try out dan belajar kelompok, namun kami tidak lupa berdoa, dan minum teh ini dengan harapan siswa-siswi di sini tenang dan rileks dalam melaksanakan ujian," katanya.

Ia juga berharap dengan teh yang sudah didoakan tersebut bisa membuat para siswa menjadi terbuka pemikirannya dan dapat mengerjakan soal UNBK dengan lancar dan dapat lulus dengan nilai terbaik.

"Berbagai cara yang dilakukan oleh sekolah dengan harapan siswa lulus seratus persen," kata Didik.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.