Sukses

Strategi Pelaksanaan UNBK SMK di Pedalaman

Pelaksanaan UNBK SMK di pedalaman terkendala fasilitas seperti komputer dan jaringan internet.

Liputan6.com, Palangka Raya - Walaupun minim sarana dan prasarana, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah memastikan pelaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2018 untuk SMK mampu dilaksanakan di 14 kabupaten. UNBK SMK tetap berlangsung bahkan di sekolah pedalaman.

Pelaksanaan UNBK tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya. Pada 2017 lalu UNBK hanya mencapai 80 persen.

"Tahun 2018 ini kita sudah bisa 100 persen melaksanakan UNBK termasuk yang di pedalaman, " kata Kepala Dinas Pendidikan Kalteng Slamet Winarno, Senin (2/4)di Palangka Raya.

Untuk menyiasati minimnya peralatan seperti komputer untuk pelaksanaan UNBK terutama di pedalaman, kata dia, pihaknya membagi tiga sesi pelaksanaan UNBK. Sesi I dilaksanakan pukul 07.30 WIB, sesi II mulai pukul 10.39 WIB, dan sesi III mulai pukul 14.00 WIB.

Selain itu sistem internetnya juga dibagi dalam dua bagian yakni sistem online dan offline yang mempergunakan token.

"Pembagian sesi ini kami berlakukan untuk pelaksanaan di 90 sekolah dari 129 sekolah yang siswanya ikut UNBK,"jelasnya.

Pelaksanaan UNBK di Kalteng tingkat SMK berlangsung 2 April hingga 5 April 2018 dan diikuti 9.662 siswa. Setelah itu dilanjutkan untuk tingkat SMA dari tanggal 9 April hingga tanggal 12 April 2018 mendatang yang diikuti 17.406 siswa dan MA 2198 siswa.

Dia menandaskan, saat ini semua instasi terkait sudah siap di lapangan dan siap membantu pelaksanaan UNBK SMK dan SMA. "PLN dan Telkom begitu juga kepala daerah turut ikut memantau pelaksanaan UNBK bisa berjalan lancar," dia menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.