Polisi Bekuk Komplotan Garong Susu di Makassar

Oleh Eka Hakim pada 02 Apr 2018, 14:33 WIB
Akhir Petualangan Komplotan Garong Susu di Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Liputan6.com, Makassar - Tim Reserse Mobile (Resmob) Polsek Panakukang Makassar membekuk dua orang pemuda komplotan spesialis garong susu di beberapa toko grosiran besar di Kota Makassar.

"Kali ini kita gagalkan saat mereka sementara beraksi di Carrefour Jalan Sultan Alauddin Makassar," kata Kapolsek Panakukang, Makassar, Kompol Ananda Fauzi via telepon, Senin (2/4/2018).

Awalnya, kedua komplotan garong susu yang diketahui identitasnya, yakni Saipul (32) dan Kevin (17) itu mendatangi Carrefour menggunakan mobil rental.

Setibanya di Carrefour, keduanya yang berdomisili di Jalan Veteran Selatan Lorong 2 Makassar itu lalu berpencar memanfaatkan kondisi Carrefour yang ramai pengunjung.

Setelah merasa aman, keduanya pun beraksi dengan menyelipkan satu per satu susu berbagai merek di celananya.

"Komplotan garong ini bolak-balik keluar menuju parkiran mobil lalu kembali masuk lagi ke Carrefour. Di situ sekuriti curiga dengan gerak-geriknya," ujar Ananda.

2 of 2

Susu Curian Dijual ke Pasar Tradisional

Akhir Petualangan Komplotan Garong Susu di Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)
Akhir Petualangan Komplotan Garong Susu di Makassar (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Sekuriti pun menghubungi salah seorang anggota tim Resmob Panakukang Makassar. Selang beberapa menit, tim Resmob tiba dan langsung membuntuti gerak para pelaku.

"Saat pelaku memindahkan satu per satu dos susu yang diselip di celananya ke mobil, tim Resmob lalu menyergapnya," urai Ananda.

Kedua pelaku komplotan garong susu itu pun dibawa ke Posko Resmob Panakukang untuk diinterogasi. Alhasil, keduanya mengaku jika susu berbagai merek yang ia curi tersebut berasal dari Carrefour untuk kemudian dijual ke pasar-pasar tradisional yang ada di Makassar.

Barang bukti yang berhasil diamankan dari keduanya masing-masing 1 unit mobil Honda Brio dengan pelat no DD 1181 QC, 4 dos susu merek Enfamil, 4 kaleng susu merek Ensure, 2 dos susu jenis private gold, 2 dos susu jenis Child School, serta 2 botol minyak gosok Cap Tawon.

"Komplotan garong susu ini memang sudah spesialis dan sudah banyak toko grosiran jadi korbannya dan terakhir beraksi di Carrefour," beber Ananda.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua komplotan garong susu beserta barang bukti kejahatannya tersebut digelandang Resmob ke Polsek Panakukang Makassar guna proses hukum lebih lanjut.

Lanjutkan Membaca ↓