Usai Ikuti Car Free Day di Solo, Jokowi Meluncur ke Warung Soto Langganan

pada 01 Apr 2018, 11:10 WIB
Diperbarui 01 Apr 2018, 11:10 WIB
Jokowi di CFD Solo

Solo - Memanfaatkan libur panjang bersama keluarga di Solo, Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyempatkan berolahraga di Car Free Day (CFD) Jalan Slamet Riyadi, Minggu (1/4/2018) pagi. Tak lupa, orang nomor satu di Tanah Air ini sarapan soto kesukaannya.

Presiden Jokowi berolahraga sembari menyapa pengunjung CFD. Mengenakan kaos lengan panjang warna merah marun, dibalut celana training hitam dan sepatu kets warna abu-abu.

Dikawal ketat Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), Jokowi menyusuri CFD dari Simpang Empat Gendengan, berjalan ke arah timur. Didampingi Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto dan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono.

"Kapan lagi bisa foto sama Pak Jokowi, ini bukan momen seumur setahun sekali. Tapi momen sekali seumur hidup. Biasanya cuma nonton di TV sekarang bisa foto sama salaman langsung," ucap Sumiatun (49), salah satu warga, dikutip Radar Solo (Jawa Pos Group).

Setelah olahraga pagi, Jokowi terlihat berbelok ke arah Jalan Tengku Umar. Langkahnya terhenti di Warung Makan Soto Triwindu untuk sarapan pagi. Rumah makan ini yang sempat menjadi favorit ketika Jokowi masih menjabat sebagai Wali Kota Surakarta.

"Waktu zaman masih jadi wali kota sering ke sini. Tapi pas jadi presiden setahu saya baru pertama kali ke sini," ujar Yanto (58), tukang becak yang kerap mangkal di depan Soto Triwindu, langganan Jokowi tersebut.

Baca berita menarik dari JawaPos.com lain di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini: 

2 dari 3 halaman

Ibu Negara Susul Naik Becak Hias

Iriana Jokowi di CFD Solo
Ibu Negara Iriana Jokowi menikmati Solo CFD sembari naik becak hias, Minggu pagi (1/4/2018) pagi. (Damianus Bram/Radar Solo/Jawa Pos Group)

Sekitar 15 menit menyantap sarapan di rumah makan Soto Triwindu, Minggu pagi tadi, Presiden Joko Widodo disusul Ibu Negara Iriana Jokowi. Bukannya jalan kaki, Ibu Negara pilih naik becak hias.

Pantauan Radar Solo (Jawa Pos Group), naik becak hias, Iriana didampingi putrinya, Kahyang Ayu Siregar dan menantu, Bobby Afif Nasution. Serta, kakak kandung Iriana, Harinto.

Iriana menyusul Jokowi yang terlebih dahulu sarapan soto bersama Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Wuryanto dan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Condro Kirono.

 

3 dari 3 halaman

Warga Solo Heboh Lihat Presiden Ikutan CFD

Jokowi di CFD Solo
Presiden Joko Widodo (Jokowi) tampak berjalan di kawasan Jalan Slamet Riyadi, Solo, saat Car Free Day (CFD), Minggu (1/4/2018) pagi. (Ari Purnomo/JawaPos.com)

Sebelumnya, suasana Car Free Day (CFD) di kawasan Jalan Slamet Riyadi, Solo, Minggu pagi tadi, menjadi heboh. Hal itu dikarenakan kehadiran Presiden Jokowi di tengah warga Kota Solo.

Orang nomor satu di Tanah Air itu datang dengan mengenakan kaus lengan panjang berwarna merah maron dipadukan dengan celana warna hitam dan sepatu kets warna abu-abu.

Sejumlah warga tampak berlarian untuk mendekati seseorang yang pagi itu berjalan-jalan di Car Free Day. Tidak sedikit yang berteriak memanggil, dan ada juga yang mencoba melambaikan tangan sekadar menyapa. Orang tersebut tidak lain adalah Jokowi.

Mantan Wali Kota Solo dua periode itu tampak menyapa sejumlah warga yang datang ke CFD. Seperti biasa, Jokowi berjalan dengan cepat. Di sekelilingnya sejumlah anggota Paspampres berjaga sangat ketat. Sesekali Jokowi mengajak para pengawalnya untuk berlari kecil.

Momen langka ini tidak disia-siakan oleh warga. Mereka berusaha untuk bersalaman dan bahkan ada yang berusaha untuk berswafoto. Tetapi, tidak semua warga mendapatkan kesempatan tersebut. Hanya mereka yang beruntung saja yang bisa berfoto dengan Presiden Jokowi. Karena pengamanan sangat ketat, sehingga tidak setiap orang bisa bersalaman atau berfoto.

Nia (25), salah seorang pengunjung CFD mengaku terkejut saat mengetahui ada Presiden Jokowi di CFD. Bahkan saking terkejutnya, Nia tidak sempat untuk mengabadikan momen tersebut.

"Tadi tiba-tiba sudah ada di belakang saya. Jelas kaget karena tidak biasanya. Sebenarnya ingin berfoto, tetapi tidak bisa karena pengamanannya sangat ketat jadi tidak bisa," ucapnya saat ditemui Radar Solo (Jawa Pos Group), Minggu pagi tadi.

Berbeda halnya dengan Sumi, ia tampak begitu gembira saat bisa berfoto dengan presiden. Baginya ini menjadi kesempatan yang sangat langka. "Kapan lagi bisa berfoto dengan presiden," ucapnya bangga.

Lanjutkan Membaca ↓