Sukses

Tanjung Keramat, Wisata Alam di Gorontalo yang Nyaris Terlupakan

Tanjung Keramat di ujung Kota Gorontalo, ternyata memiliki pesona alam pinggir laut yang sungguh eksotik.

Liputan6.com, Gorontalo - Tanjung Keramat, didengar dari namanya pasti banyak yang berpikir bahwa hal ini bisa dihubung-hubungkan dengan mistis atau gaib. Namun, nama Tanjung Keramat tidak seperti itu. Sebab, Tanjung Keramat di Gorontalo ini memiliki pesona alam pinggir laut yang sungguh eksotik.

Tanjung Keramat adalah sebuah kelurahan yang terletak di ujung Kota Gorontalo, berbatasan langsung dengan Kabupaten Gorontalo. Tanjung Keramat bisa menjadi pilihan yang tepat yang menawarkan keindahan alam saat matahari terbenam ataupun suasana pagi hari.

Dengan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, tempat ini bisa menjadi primadona destinasi wisata Kota Gorontalo. Tanjung Keramat bisa ditempuh dengan kendaraan roda empat dan roda dua.

Dengan jarak tempuh sekitar 20-30 menit, pengunjung dapat mencapai sebuah tempat yang indah dengan pemandangan alam terbuka dan memesona untuk menikmati indahnya tanjung di ujung Kota Gorontalo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lukisan Alam Memesona

Tanpa disadari, daerah tersebut menyimpan lukisan alam memesona yang begitu indah dipandang mata dan tak banyak dijumpai di daerah lain. Tanpa rencana, ketika melewati kawasan Desa Tanjung Keramat, pelancong dapat melihat pemandangan indah. Para penggemar fotografi tentu tak akan melewatkannya.

Namun, lokasi tersebut seakan tidak terawat dan seakan kurang mendapatkan perhatian. Padahal, potensi wisata di Tanjung Kermat sayang untuk diabaikan.

Adapun sebagian besar warga Kampung Tanjung Keramat bermata pencarian sebagai nelayan. Sedangkan sisanya adalah pegawai negeri sipil.

Jalanan di daerah ini berkelok-kelok. Para pengendara pun diimbau untuk berhati-hati dan menjaga konsentrasi saat mengemudi.

"Saya bangga dengan keindahan panorama alam Tanjung Keramat ini. Namun, sayangnya sering dilupakan pemerintah," ucap Jesica Widya, salah seorang wisatawan dari Sulawesi Utara.

 

3 dari 3 halaman

Surga Wisata yang Menjanjikan

Perairan laut di Tanjung Keramat terbilang surga yang menjanjikan. Selain luas wilayahnya, arus dan ombak di Tanjung Keramat sungguh tenang dan tenteram. Laut seolah bersahabat, selalu dekat di hati warga Tanjung Keramat, membawa berkah.

Mudah untuk menjangkau ke daerah nelayan ini karena sudah ditunjang oleh jalanan yang beraspal. Kendati medan yang ditempuh itu berkelok-kelok, naik-turun dan terdapat jurang terjal.

Tanjung Keramat dahulunya tidak masuk dalam kelurahan tersendiri. Tapi, masuk dalam wilayah Kelurahan Pohe.

Karena gairah otonomi daerah, terjadi pemekaran, maka Tanjung Keramat kini berdiri sendiri menjadi sebuah kelurahan di Kecamatan Hulonthalangi. Kampung nelayan ini memiliki nama jalan, yakni Jalan Batu Jajar.

Kampung ini berada di daratan rendah mendekap erat dengan pesisir laut. Karena itu, dari lokasi jalan utama, pengunjung harus menuruni jalan ke bawah, yang telah dipadati rumah penduduk.

Tempat yang satu ini memang banyak diminati oleh kalangan muda atau generasi milenial di Gorontalo. Nah, bagi yang ingin menikmati indahnya suasana di sore ataupun pagi hari, Tanjung Keramat adalah tempat tujuan yang tepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.