Pemkab Muba Jadi Daerah Tercepat Penyampaian Laporan Keuangan

Oleh Nefri Inge pada 30 Mar 2018, 22:02 WIB
Diperbarui 01 Apr 2018, 21:13 WIB
Pemkab Muba Jadi Daerah Tercepat Penyampaian LKPD Se-Indonesia

Liputan6.com, Palembang - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan (Sumsel) dinobatkan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, sebagai daerah tercepat dalam penyampaian Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2017.

Daerah yang dipimpin oleh Calon Gubernur (Cagub) Sumsel Dodi Reza Alex Noerdin ini menyerahkan LKPD 2017 pada tanggal 29 Januari 2018.

Kepala Perwakilan BPK RI Sumsel, Maman Abdul Rahman mengatakan, kinerja Pemkab Muba patut dicontoh oleh kabupaten/kota se-Indonesia, karena mampu menyelesaikan LKPD 2017 dengan cepat.

"Jika hari ini beberapa daerah baru menyampaikan LKPD, tapi Pemkab Muba sudah menerima laporan hasil pemeriksaan dari BPK RI. Pemkab Muba tercepat se-Indonesia dan kami cukup bangga atas kinerja kerja mereka yang sangat cekatan," ungkapnya di sela Penyerahan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin Tahun Anggaran 2017, di Kantor BPK Sumsel, Kamis (29/3/2018).

Hasil pemeriksaaan atas laporan keuangan Pemkab Muba langsung diterima Pelaksana tugas (Plt) Muba Beni Hernedi. Pemkab Muba juga mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Keuangan dari BPK RI Sumsel.

Kinerja optimal Pemkab Muba bersama DPRD Muba, lanjut Maman Abdul Rahman, harus dipertahankan dan menjadi inspirasi daerah lain untuk menyusun pengelolaan keuangan yang transparan.

"Pemkab Muba sangat komitmen dan konsisten dalam transparansi pengelolaan keuangan daerah. Dan itu yang sangat kita banggakan dan hargai,” ujarnya.

 

2 dari 2 halaman

Apresiasi BPK RI

Pemkab Muba Jadi Daerah Tercepat Penyampaian LKPD Se-Indonesia
Plt Pemkab Muba Beni Hernedi menerima hasil pemeriksaan LKPD oleh BPK RI Sumsel (dok.istimewa / Nefri Inge)

Menurut Plt Bupati Muba Beni Hernedi, prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan kekompakan antara pihak legislatif dan eksekutif.

"Kita sudah juga meraih opini WTP selama lima tahun berturut-turut. Kita berterima kasih kepada pihak Auditor BPK RI yang bekerja ekstra memeriksa LPKD 2017 tercepat ini,” katanya.

"Ini bagian motivasi bagi kami untuk terus bekerja lebih baik. Pemkab Muba akan terus melakukan koordinasi dan meminta arahan, agar pengelolaan keuangan daerah di Muba semakin lebih transparan," ucapnya.

Pada rangkaian kegiatan Penyerahan Hasil Pemeriksaan Atas LPKD Kabupaten Muba Tahun Anggaran 2017, dihadiri Ketua DPRD Muba Abusari, Sekretaris Daerah Drs H Apriyadi MSi, Staf Ahli Bidang Keuangan Rusydan, Sekretaris DPRD Muba Thabrani Rizky, Kepala BPKAD Muba Mirwan Susanto.

 

Simak video pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓