Sukses

Pagi Segar di Kampung Ramah Lingkungan Batu Malang

Kampung ekologi di Batu, Jawa Timur ini memberikan inspirasi bagi para pengunjung dalam berkreativitas.

Malang - Begitu mendengar kata kampung, terlintas dalam pikiran suatu lokasi perumahan yang tidak memenuhi kesesuaian tata ruang dan jauh dari kesan modern. Namun, tidak di Kampung Ekologi Batu Into Green (BIT) atau Kampung ramah lingkungan yang berada di RW 06, Kelurahan Temas, Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Kampung ini merupakan kampung yang terinspirasi dari salah satu kampung tematik yang ada di Kota Malang, yaitu Kampung Go Green.

Informasi yang diperoleh Times Indonesia, pemanfaatan dinding rumah warga dan lorong-lorong di sepanjang kampung ekologi, Malang, itu yang terlihat indah, sebagai bentuk pemanfaatan lahan sempit untuk penghijauan. Sehingga, udara yang ada lebih sejuk.

Hal itu terbukti dengan terpasang berbagai jenis bunga, dan tanaman hijau serta terpampang tulisan unik yang menjadi ciri khas setiap lorong gang yang ada di kawasan tersebut.

Seperti terlihat di Gang TPQ, BIG Wall, Gang Punden, Pertanian Organik, Bank Sampah, Gang Bahagia, Gang Cinta, dan Keday Kado.

 

Baca berita menarik lainnya dari Timesindonesia.co.id.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warna-Warni Mural

Kampung Ekologi itu, terus melakukan inovasi serta memberi ruang kreativitas bagi para warga setempat. Lebih khusus untuk generasi muda, dalam mempercantik perwajahan kampung ekologi tersebut.

Karya warga dan generasi muda setempat, salah satunya adalah gambar mural berupa pohon bercabang yang dipadukan dengan tanaman hidup.

Konsep tersebut dapat kita lihat di taman vertikal Kampung Ekologi. Hal itu sebagai bentuk cara warga Temas dalam menjaga serta merawat alam yang ada disekitarnya agar dapat hidup sehat dan nyaman.

Ingin tahu lebih detal keindahannya, silahkan datang ke Kota Wisata Batu, saat libur akhir pekan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.