Sukses

Keseruan Siswa Indramayu Ikut Senam Wing Chun Bersama TNI

Jajaran Kodim 0616 Indramayu mulai turun ke desa untuk mempersiapkan pelaksanaan program TMMD

Liputan6.com, Indramayu - Pemerintah pusat gencar mempersiapkan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang akan digelar pada April 2018 mendatang. Sejumlah prajurit TNI pun mulai turun ke desa untuk mempersiapkan jalannya program tersebut.

Seperti yang dilakukan Kodim 0616 Indramayu Jawa Barat, mereka turun ke Desa Cempeh Kecamatan Lelea Kabupaten Indramayu. Selain melakukan persiapan dan sosialisasi program, Kodim 0616 Indramayu menyempatkan waktu mengenalkan beberapa kegiatan rutin TNI kepada siswa SD Negeri 1 Cempeh.

"Kami ajak siswa untuk ikut senam Wing Chun dan alhamdulillah mereka senang," kata Dandim 0616 Indramayu Jawa Barat, Letkol Kav Agung Nur Cahyono, Sabtu (24/3/2018).

Dia mengatakan, Wing chun merupakan senam tera yang selalu di laksanakan oleh TNI AD. Senam ini mempunyai 10 gerakan dan setiap gerakan meliputi gerakan tangan dan pernafasan.

Menurut Agung, setiap gerakan sangat berguna untuk kesehatan tubuh karena mencegah beberapa penyakit seperti ambeien dan asma. Menurut dia, senam Wing Chun mudah dilakukan karena gerakan yang ringan dan mudah di ikuti.

"Gerakannya mudah dihafal cocok untuk diterapkan sehari-hari dan yang utama mempunyai manfaat sangat luar biasa," kata dia.

Agung menuturkan, memperkenalkan olah raga kepada anak usia dini merupakan langkah tepat untuk mensosialisasikan hidup sehat kepada generasi penerus bangsa.

Dalam persiapan program TMMD, jajaran Kodim 0616 Indramayu juga mengajak para siswa untuk peduli kepada lingkungan sekitar. Dia mengatakan, kegiatan tersebut bagian dari sosialisasi kepada siswa agar lebih peduli dan memiliki semangat membangun Desa yang mereka tempati.

"Penting untuk mengajarkan siswa atau anak kita peduli terhadap lingkungan di sekitar mereka," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Jadi TNI

Gencarnya sosialisasi program TMMD di Desa Cempeh Kabupaten Indramayu membuat para siswa termotivasi. Bahkan, tidak sedikit para siswa SD Negeri 1 Cempeh memiliki cita-cita menjadi TNI.

Salah seorang Siswa Kelas 4 SDN Cempeh 1 Indramayu M Rafli mengaku bangga bisa lebih dekat dengan TNI. Rafli mengaku sudah memiliki cita-cita menjadi prajurit TNI.

"Senang dan bangga karena bisa komunikasi langsung sama TNI," ujar dia.

Rafli menuturkan, kedatangan para TNI di desanya semakin membulatkan tekad untuk menjadi anggota TNI. Rafli mengaku semakin rajin belajar dan olahraga demi mewujidkan cita-citanya menjadi anggota TNI.

Pada kesempatan tersebut, Rafli juga mengaku kedekatan TNI dengan siswa membuatnya tidak segan untuk menyampaikan keluh kesah serta impiannya sebagai generasi penerus.

"Harapan jangan hanya sekali datang ke sekolah saya," harap dia.

Seperti diketahui, pemerintah pusat kembali akan melaksanakan program TMMD di Indonesia pada April 2018 mendatang. TNI bersama masyarakat akan gotong royong membangun desa menjadi lebih baik dan aman dari segala bentuk upaya memecah belah masyarakat.

Saksikan vidio pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.