Rasmad Terkekeh-kekeh Dianggap Raksasa Misterius di Setu Patok Cirebon

Oleh Panji Prayitno pada 17 Mar 2018, 13:03 WIB
Diperbarui 17 Mar 2018, 13:03 WIB
Ini Dia, Sosok Yang Dianggap Raksasa Misterius di Setu Patok Cirebon
Perbesar
Rasmad warga Cirebon mengaku kaget karena menjadi bahan perbincangan warga sekitar terkait kemunculan sosok raksasa misterius di Waduk Setu Patok Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Liputan6.com, Cirebon - Jagat dunia maya dihebohkan dengan penampakan diduga sosok raksasa atau hantu misterius di Waduk Setu Patok, Cirebon, Jawa Barat, tertangkap kamera, belum lama ini.

Penampakan sosok hantu raksasa itu bersamaan dengan proses evakuasi remaja setempat yang hanyut pada awal Maret 2018 lalu.

Video kemunculan sosok misterius tersebut langsung viral. Bahkan, banyak diunggah ulang oleh akun lainnya. Video tersebut mendadak sontak mengundang komentar pro dan kontra.

Tidak lama setelahnya, muncul konfirmasi yang menyebutkan sosok tinggi besar itu bukan penampakan. Melainkan, warga yang melihat evakuasi dengan cara naik di sadel sepeda motor.

Liputan6,com pun mencoba menelusuri kebenaran unggahan salah seorang akun yang mengklarifikasi sosok penampakan di Waduk Setu Patok tersebut.

"Klarifikasi nih, ini bukan hantu, tapi orang yang saya lingkari di detik 17, dia naik motor. Dia warga situ, Desa Sirnarancang," tulis @matna_mulis, Jumat, 16 Maret 2018.

Dari petunjuk di akun dan beberapa foto yang menyerupai postingan di media sosial, Liputan6.com berhasil menemukan sosok yang dianggap raksasa atau hantu di Waduk Setu Patok Cirebon itu. Dia adalah Rasmad (62), warga Desa Sinarancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut, Rasmad mengakui belakangan banyak diperbincangkan oleh tetangga di lingkungannya. Para tetangga pun menyangsikan pengakuannya yang dianggap hantu saat proses evakuasi remaja hanyut.

"Tetangga banyak yang nanya sampai nunjukkan videonya ke saya dan saya bilang itu benar saya yang naik ke atas motor. Tapi, banyak juga yang tidak percaya, ya saya biarkan saja deh dianggap hantu," ujar Rasmad kepada Liputan6.com, Jumat, 16 Maret 2018.

Saksikan video sosok misterius yang sempat dianggap hantu di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Alasan Rasmad Naik ke Jok Motor

Ini Dia, Sosok Yang Dianggap Raksasa Misterius di Setu Patok Cirebon
Perbesar
Suasana evakuasi remaja hanyut di Waduk Setu Patok Cirebon yang berujung pada munculnya sosok hantu atau raksasa ditengah kerumunan warga. Foto : (Screenshoot Liputan6.com / Panji Prayitno)

Rasmad kemudian menceritakan kronologinya melihat proses evakuasi remaja hanyut hingga disebut penampakan hantu atau raksasa. Dari informasi yang dihimpun, kejadian pada 1 Maret 2018 pukul 16.30 WIB, Rasmad mendengar ada keramaian proses evakuasi remaja hanyut di Waduk Setu Patok.

Rasmad pun langsung mendatangi lokasi evakuasi remaja yang hanyut tersebut. Namun, saking banyaknya orang dan berjubel, Rasmad tidak dapat melihat sosok mayat remaja tersebut dengan jelas.

"Nah saat itu motor yang saya bawa saya standar tengah dan saya naik ke atas jok. Mayat itu ditemukan pukul 17.50 WIB, pas ramai-ramainya warga mengerumuni tim SAR saya lihat dari atas jok motor," ujarnya.

Dia mengaku, saat jenazah remaja dibawa ke tepi danau, banyak warga yang merekam kejadian. Hingga tanpa sadar aksi Rasmad yang berdiri di atas jok sepeda motor itu terekam.

Rasmad yang sehari-hari sebagai tukang servis keliling serba bisa tersebut mengaku tidak tahu belakangan video evakuasi jenazah remaja hanyut menjadi perbincangan warganet.

"Saya tidak tahu. Saya kan gaptek, juga tahunya dari keluarga bahkan teman dekat saya," tuturnya.

Saat kejadian, Rasmad menggunakan baju berkerah warna hitam dengan bawahan sarung. Terdapat kantung di sebelah kiri baju, Rasmad mengantongi satu bungkus rokok dengan warna dasar putih.


Jadi Terkenal

Ini Dia, Sosok Yang Dianggap Raksasa Misterius di Setu Patok Cirebon
Perbesar
Rasmad warga Cirebon mengaku kaget karena menjadi bahan perbincangan warga sekitar terkait kemunculan sosok raksasa misterius di Waduk Setu Patok Foto (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Beberapa hari setelah viral di sosial media, Rasmad mengaku sering ditanya oleh tetangga. Bahkan, dia mengaku sampai berulang kali meyakinkan tetangga bahwa sosok yang terekam itu adalah dirinya.

"Tetangga ribut sampai saya sendiri pasrah dianggap hantu. Padahal, sudah saya jelaskan. Tapi, ya tidak apalah dianggap setan biarkan saja," tutur Rasmad sembari terkekeh-kekeh.

Lima hari setelah viral di sosial media, Rasmad tiba-tiba kedatangan sahabat karibnya. Rasmad pun meyakinkan bahwa sosok yang dikira hantu tersebut adalah dirinya.

"Jadi kaya orang terkenal mas sampai sahabat saya ikut beritahu ke tetangga kalau penampakan yang ada di video itu saya. Dan saya sempat difoto ulang katanya buat klarifikasi di internet," ujar dia. 

Rasmad mengaku, hingga saat ini masih banyak warga percaya sosok hantu atau raksasa yang muncul di Waduk Setupatok, Cirebon, adalah benar. Namun, dia mengaku tidak ambil pusing mengenai banyaknya komentar dari warganet.

"Ya pastinya warga di luar Cirebon ada yang masih percaya kalau saya itu hantu, tapi warga di sini sudah tahu semua kok kalau di video itu saya," kata dia.

Namun demikian, Rasmad meminta kepada warga agar tidak mudah percaya dengan postingan di sosial media jika tidak jelas asal-usulnya.

Lanjutkan Membaca ↓

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya