Sukses

Layanan Indihome dan Telkomsel Tak Berfungsi Selama Nyepi di Bali

Telkom menyatakan layanan di luar Indihome di sejumlah objek vital akan tetap menyala selama Nyepi di Bali.

Liputan6.com, Denpasar - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk akan mematikan sementara layanan IndiHome baik untuk internet dan televisi di Bali selama 24 jam menghormati Hari Raya Nyepi.

"Kami menjalankan imbauan pemerintah dengan mematikan layanan internet dan tv selama Nyepi," kata General Manager Telkom Denpasar I Komang Widnyana Karang di Denpasar, Jumat (16/3/2018), dilansir Antara.

Telkom mulai menonaktifkan layanan tersebut pada Sabtu, 17 Maret 2018, pukul 06.00 Wita hingga Minggu, 18 Maret 2018, pukul 06.00 Wita.

Meski begitu, layanan Telkom di luar Indihome di sejumlah objek vital seperti bandara, keamanan untuk TNI dan Polri, rumah sakit, serta layanan kepentingan umum lainnya masih tetap berjalan seperti biasa.

"Kami sampaikan permakluman kepada seluruh pelanggan IndiHome yang ada di Bali," imbuh Widnyana.

Menteri Komunikasi dan Informatika mengeluarkan Surat Edaran Nomor 378 Tahun 2018 tentang Imbauan untuk melaksanakan Seruan Bersama Majelis Agama dan Keagamaan Provinsi Bali Tahun 2018 pada Rabu, 14 Maret 2018. Pada poin empat disebutkan provider penyedia jasa seluler diharapkan untuk mematikan data seluler (internet) selama Nyepi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Internet Mati

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali Nyoman Sujaya memastikan perayaan Hari Suci Nyepi pada 17 Maret 2018 di Pulau Dewata tanpa internet untuk data seluler selama 24 jam. Hal itu sesuai seruan bersama majelis keagamaan dan Forum Kerukunan Umat Beragama di daerah setempat.

"Pada Senin (12/3/2018) disepakati yang sudah pasti internet di 'handphone' akan mati dan semua operator sudah menyanggupi," katanya.

Sementara itu, operator penyedia jasa seluler Telkomsel sebelumnya juga siap mematikan jaringan internet saat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1940 di Pulau Dewata.

"Pada prinsipnya, kami mengikuti arahan pemerintah. Jika diminta mematikan internet jaringan selular saat Nyepi, kami pasti siap," kata Corporate Communications Telkomsel Bali Nusra, Teni Ginaya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.