Banjir Terparah, 1.400 Rumah di Gunungjati Cirebon Terendam

Oleh Panji Prayitno pada 13 Mar 2018, 18:00 WIB
Diperbarui 15 Mar 2018, 17:13 WIB
Banjir Cirebon, 90 Hektar Sawah Gagal Panen

Liputan6.com, Cirebon - Banjir yang menggenangi ribuan rumah warga di Desa Wanakaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon perlahan mulai surut.

Warga korban banjir perlahan mengeluarkan sisa air dan sampah yang terbawa masuk ke rumah mereka. Satu per satu warga mulai memindahkan perabotan rumah mereka.

Dari data yang dihimpun pemerintah desa setempat, banjir merendam 100 persen rumah warga. Kepala Desa Wanakaya, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Saliman, mengatakan, banjir tahun ini membuat warga tidak bisa berbuat banyak.

"Dua peristiwa banjir sebelumnya tanggal 10 dan 21 Februari 2018 itu belum seberapa parah," kata Saliman, Selasa (13/3/2018).

Selain ribuan rumah terendam, banjir di Desa Wanakaya Cirebon juga merendam 90 hektare lahan persawahan. Akibatnya, petani mengalami gagal panen. Per hektare, kata Saliman kerugian mencapai rata-rata Rp 9 juta.

Namun demikian, kata Saliman, pada peristiwa banjir Februari lalu, 42 hektare lahan persawahan terendam. Dia mengaku, hingga saat ini pemerintah desa maupun BPBD Kabupaten Cirebon belum menghitung total kerugian akibat banjir.

"Jalan dan fasilitas lain juga rusak termasuk tembok di perbatasan antara sawah warga dengan permukiman jebol jadi belum dihitung secara spesifik," ujar dia.

2 of 2

Banjir Terparah

Banjir Cirebon, 90 Hektar Sawah Gagal Panen
Banjir yang merendam Desa Wanakaya Kecamatan Gunung Jati Kabupaten Cirebon menyebabkan 90 hektare sawah mengalami gagal panen. (Liputan6.com / Panji Prayitno)

Banjir yang merendam ribuan permukiman di Desa Wanakaya, Kabupaten Cirebon, merupakan terparah pada tahun 2018. Saliman mengatakan, pada banjir sebelumnya, tidak semua aktivitas warga lumpuh.

"Sekarang 100 persen rumah terendam aktivitas warga lumpuh total sekolah juga terendam," kata dia.

Saliman mengaku banjir yang melanda Desa Wanakaya tersebut di luar prediksi. Biasanya, kata dia, intensitas hujan tinggi dan banjir terjadi pada Desember sampai Januari.

Seperti diberitakan sebelumnya, banjir menggenangi permukiman di Desa Wanakaya, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Senin, 12 Maret 2018. Warga terdampak banjir tampak sibuk mengungsi dan mengamankan barang berharga mereka.

Dari data yang didapat, hampir seluruh rumah di Desa Wanakaya Cirebon tenggelam. Dari data desa, tercatat sebanyak 1.400 rumah di Desa Wanakaya, Kabupaten Cirebon terendam banjir.

Saksikan vidio pilihan berikut ini:

Lanjutkan Membaca ↓