Sukses

Jelang Cap Go Meh, Shio-Shio Ini Gelar Ritual Buang Sial

Ada beberapa shio yang melakukan ritual buang sial sebelum perayaan Cap Go Meh. Mengapa?

Surabaya - Menjelang perayaan Cap Go Meh, umat Tri Dharma Surabaya menggelar ritual Ci Suak atau buang sial di Kelenteng Hong San Ko Tee Jalan HOS Cokroaminoto, Surabaya, pada Minggu, 25 Februari 2018. Setelah melaksanakan ritual ini, umat Tri Dharma mempersiapkan sembahyang Cap Go Meh.

Ritual Ci Suak jelang Cap Go Meh ini dipercaya umat Tri Dharma merupakan rangkaian upacara keagamaan yang wajib dilakukan bagi mereka yang tahun kelahirannya atau shio yang dimiliki tidak sejalan dengan shio tahun Imlek 2569.

Beberapa shio yang tidak sesuai atau tidak sejalan dengan tahun Imlek 2569 dengan Shio Anjing di antaranya adalah mereka yang bershio naga dan kerbau.

"Itu boleh dipercaya atau tidak. Setiap tahun selalu ada shio yang beruntung dan tidak," terang A Kiong, pengurus kelenteng Hong San Ko Tee kepada Suarasurabaya.net.

Seperti tahun Imlek 2569 kali ini, kata A Kiong, adalah tahun dengan shio anjing. Dalam tradisi Tionghoa, tahun anjing adalah tahun bagi loyalitas dan kesetiaan. "Karena itu, mereka yang shionya tidak sesuai Shio Anjing dianjurkan mengikuti Ci Suak," kata A Kiong.

 

Baca berita menarik lainnya dari Suarasurabaya.net di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosesi Ritual Buang Sial

Ci Suak dilakukan dengan satu diantaranya memotong rambut, dilanjutkan dengan menyiram dengan air kembang mawar merah. Kemudian, mereka yang mengikuti Ci Suak ini diminta untuk berdoa di dalam kelenteng agar lebih khusuk.

Setelah Ci Suak, lanjut A Kiong, umat Tri Dharma akan berkonsentrasi untuk mempersiapkan sembahyang Cap Go Meh yang biasanya digelar pada hari ke-15 awal bulan di tahun Imlek 2569.

"Sembahyang Cap Go Meh itu ungkapan rasa syukur umat kepada Tuhan, kepada alam, dan kepada segenap isi dunia atas keselamatan yang sudah diberikan, sekaligus untuk tahun baru agar berkelimpahan rejeki dan bahagia," ujar A Kiong, Senin, 26 Februari 2018.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.