Sukses

Diduga Tersesat, Orangutan Kalimantan Masuk Sawah Milik Warga

Orangutan tersesat ini merasa nyaman di area persawahan karena tersedianya makanan, seperti tebu dan pisang.

Sukamara - Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai, Kabupaten Sukamara, Kalimantan Tengah (Kalteng) kedatangan anggota baru. Bukan seorang warga, melainkan seekor orangutan.

Munculnya orangutan di area persawahan warga ini sempat menggegerkan masyarakat sekitar. Spesies kera besar dengan bobot 90 kilogram itu diduga tersesat dari habitatnya sejak pertengahan Februari.

Seksi Konservasi Wilayah (SKW) II Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah baru bisa mengevakuasi mamalia itu pada Sabtu, 24 Februari 2018.

Kepala SKW II BKSDA Kalteng Agung Widodo mengungkapkan, orangutan tersebut dikabarkan sudah berada di lokasi itu hampir 15 hari. Akibatnya, warga takut beraktivitas di sawah.

"Masyarakat mengalami kerugian atas rusaknya tanaman tebu dan pisang yang dimakan orangutan," ujarnya kepada Radar Pangkalan Bun (Jawa Pos Group) kemarin.

 

Baca berita menarik lainnya dari JawaPos.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tim Evakuasi Orangutan

Agung menambahkan, lahan yang diketahui masih berstatus konflik tersebut merupakan lahan cetak sawah tanaman padi, nanas, pisang, dan jeruk. Sebagian masih berupa semak belukar. Jaraknya dengan hutan alam sekitar 1,5 kilometer.

"Hutan yang tersisa di sekitar area cetak sawah itu sangat sedikit. Kesediaan pakan tidak lagi memungkinkan sehingga orangutan lebih nyaman tinggal di lokasi cetak sawah," papar Agung.

Terkait dengan proses evakuasi, Agung menjelaskan bahwa penyelamatan satwa dilindungi tersebut dimulai pukul 05.00. Saat itu tim berangat dari Pangkalan Bun menuju Sungai Raja. Tim rescue SKW II mulai melakukan pencarian dan penyisiran sekitar pukul 10.00. Orangutan akhirnya ditemukan pada pukul 14.00 WIB dan langsung dibawa ke kantor SKW II BKSDA Kalteng.

"Usianya sekitar 17 tahun. Kondisinya sehat," kata Agung. Rencananya orangutan tersebut dilepas ke Suaka Margasatwa Lamandau hari ini, Senin (26/2).

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.