Sukses

Gara-Gara Jembatan Putus, 2 Tentara Jadi Tukang Ojek Dadakan

Kedua tentara anggota Babinsa ini rela bangun pagi untuk mengantarkan anak-anak ke sekolah.

Bantul - Aksi dua tentara anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 10 Imogiri Serka Walidi dan Serda Sakijo patut mendapat apresiasi. Keduanya saban hari rela bangun pagi dan menjemput para siswa SD Kedungmiri Imogiri yang berasal dari Desa Sriharjo untuk berangkat sekolah.

Hal ini dilakukan dua tentara ini lantaran jembatan penghubung antar Desa Sriharjo dan Selopamioro yang selama ini dipergunakan para siswa menuju SD Kedungmiri sedang dalam perbaikan setelah beberapa bulan lalu hanyut disapu banjir.

Dengan menggunakan sepeda motor dinas milik Koramil Imogiri, kedua Babinsa tersebut setia menjemput satu persatu siswa dari rumah masing-masing. Berboncengan tiga pun terpaksa harus dilakukan agar bisa cepat membawa murid-murid sehingga mereka tak terlambat masuk sekolah.

Serka Walidi mengungkapkan, terputusnya akses jalan akibat terkikis dan rusaknya jembatan gantung yang menghubungkan dua desa cukup menyulitkan para pelajar warga Sriharjo yang bersekolah di SD Kedungmiri Desa Sekopamioro.

Saat ini, jika warga hendak menyeberang Sungai Oya yang membatasi dua desa tersebut, mereka harus menggunakan perahu karet yang ditarik menggunakan tali untuk bisa mencapai ke seberang.

"Jika harus melakukan perjalanan darat akan memutar sejauh sekitar 7 km melewati Siluk menuju Kedungmiri sehingga para siswa akan lelah dan bisa terlambat sampai ke sekolah. Akhirnya kami memutuskan untuk menjemput mereka dan mengantarnya ke sekolah," ungkap tentara anggota Babinsa itu kepada KRJogja.com, Selasa, 13 Februari 2018.

 

Baca berita menarik lainnya dari KRJogja.com di sini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Niat Tulus Anggota Babinsa

Bagi Serka Walidi, apa yang dilakukannya ini merupakan panggilan tugasnya sebagai prajurit. Terlebih lagi, anak-anak merupakan generasi masa depan yang harus dijamin kelancaran dalam menuntut ilmu agar kelak menjadi pemimpin bangsa ini.

Hal yang sama disampaikan Serda Sakijo. Dia menegaskan, sepeda motor dinas yang setiap hari dikendarainya itu adalah milik negara sehingga tak ada alasannya baginya untuk tidak menggunakannya untuk kepentingan masyarakat.

"Tak ada niat apa pun kecuali pengabdian kepada masyarakat, negara, dan bangsa ini. Senantiasa membantu kesulitan masyarakat adalah tugas kami, apalagi anak-anak tingkat sekolah dasar di mana pendidikan mereka tidak boleh terhenti hanya karena faktor tak bisa menuju ke sekulah," dia menegaskan.

Aksi dua orang Babinsa ini telah dilakukan sejak tiga bulan lalu setelah banjir bandang akibat Badai Siklon melanda Bantul yang mengakibatkan luapan Sungai Oya mengikis jalan dan membawa hanyut jembatan gantung Imogiri.

Mereka berharap proses pembangunan jembatan dan jalan dapat segera selesai sehingga aktivitas masyarakat terutama para pelajar dapat berjalan normal seperti sedia kala.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.