Valentine Zaman Now, Katakan Cinta dengan Spa

Oleh SwitzySwitzy Sabandar pada pada 14 Feb 2018, 06:30 WIB
Spa Promo Valentine

Liputan6.com, Yogyakarta - Valentine atau Hari Kasih Sayang biasanya identik dengan bunga atau cokelat. Nurkadhatyan The Ritual Spa menghadirkan promo menu terbaru untuk menyambut hari penuh cinta itu.

Namanya, Sekar Kinasih. Bukan sembarang spa, tetapi menggunakan racikan segar Yudasmaraning Rasa atau aphrodisiac yang diakhiri dengan kungkum atau berendam rempah-rempah arus dan aneka mawar.

"Aphrodisiac ini fungsinya untuk menambah gairah, jadi di hari Valentine orang bisa semakin bergairah dalam menjalani hidup," ujar Worro H Astuti, Master Spa Nurkadhatyan The Ritual Spa, Senin, 12 Februari 2018.

Nurkadhatyan The Ritual Spa menerapkan konsep pemijatan dengan teknik Jawa Kuno pada setiap menunya. Demikian pula dengan Sekar Kinasih yang memakai lenging bandawasa atau memijat di titik-titik energi. Alhasil, pijat bukan sekadar memegang dan menambah tubuh konsumen, melainkan ada perubahan yang dirasakan.

"Menu Sekar Kinasih yang diluncurkan bersamaan dengan Valentine atau Hari Kasih Sayang bisa untuk laki-laki dan perempuan," kata Worro.

 

1 of 3

Ritual Saraf Filosofi

Spa Promo Valentine
Spa dengan teknik pijat Jawa kuno diluncurkan untuk menyemarakkan Valentine

Ritual perawatan Sekar Kinasih juga sarat filosofi. Pertama, ritual ngunjuk jampi atau konsumen diberi minuman pembuka Sinom Kadhatyan. Minuman ini terbuat dari pucuk daun asem yang rasanya dingin dan menyegarkan. Efek setelah meminum ini adalah tubuh menjadi rileks.

Selanjutnya, ritual mantrawara atau berdoa kepada Tuhan yang dilanjutkan dengan lumarabing sutera, yakni membentangkan kain sutera di atas tubuh.

"Mengapa harus sutera? Kainnya halus dan dingin dan menghadirkan kenyamanan yang mengakomodasi perawatan selanjutnya," ucap Worro.

Setelah itu dimulai pemijatan lenging bandawasa. Konsep ini diciptakan oleh Worro yang sudah 21 tahun menjalani profesi sebagai master spa. Dia mengumpulkan literatur tentang Jawa Kuno dan menciptakan konsep pemijatan berdasarkan budaya dan tradisi.

Menurut Worro, yang membedakan teknik ini dengan pijat dan spa kebanyakan adalah cara memegang dan memijatnya. Gerakan pijat tidak asal menyentuh titik-titik, tetapi juga disertai gerakan dari terapis yang menyerupai gerakan tarian Jawa.

"Ada seninya juga," tuturnya.

Hal ini juga yang membedakan antara pijat Jawa Kuno dan Bali. Bali juga memakai teknik pijat gerakan tangan menyerupai tarian Bali. Misal, jari-jari terapis menyentuh titik-titik energi tubuh dengan gerakan Tari Kecak.

 

2 of 3

Racikan Aphrodisiac yang Menggugah Selera

Spa Promo Valentine
Spa dengan teknik pijat Jawa kuno diluncurkan untuk menyemarakkan Valentine

Ritual lenging bandawasa diakhiri dengan membalurkan lulur ke tubuh konsumen. Racikan aphrodisiac yang dimaksud berupa rempah-rempah alami dari tepung beras, temugiring, cengkeh, dan sebagainya.

Rasa hangat di tubuh membuat orang semakin bergairah seusai menjalani ritual ini. Aroma racikan lulus tradisional ini menyerupai bumbu dasar soto yang segar.

Pemijatan ditutup dengan berendam rempah-rempah dan mawar.

Sebelum meninggalkan tempat spa, konsumen diberi minuman penutup Jahe Kadhatyan. Fungsinya, melancarkan peredaran darah dan memberi rasa bugar.

Spa Sekar Kinasih bisa dinikmati dengan harga Rp 475.000 untuk dua jam perawatan. Selama masa promosi, pada 14-20 Februari 2018, perawatan ini mendapat potongan harga 15 persen.

Nurkadhatyan The Ritual Spa buka dari pukul 09.00 sampai 22.30 WIB. Pemiliknya adalah GKR Hemas dan kelima putrinya. Spa ini menempati bekas Keraton Yogyakarta pada masa Sultan HB VII di Ambarrukmo, tepatnya di Pendopo Ambarrukmo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓