Sukses

Turun ke Level Siaga, Pengungsi Gunung Agung Bisa Segera Pulang

Status Awas Gunung Agung berlaku sejak 27 November 2017 lalu. Sejak itu, ribuan pengungsi memenuhi tempat pengungsian.

Liputan6.com, Karangasem - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menurunkan status Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Bali, dari Level IV (Awas) ke Level III (Siaga) pada Sabtu (10/2/2018) pukul 09.00 Wita.

"Dengan penurunan status ini, zona perkiraan bahaya juga diturunkan dari yang awalnya 6 kilometer menjadi empat kilometer dari kawah puncak Gunung Agung," ujar Menteri ESDM Ignasius Jonan, setelah memimpin rapat di Pos Pengamatan Gunungapi Agung, Desa Rendang, Karangasem, Bali, dilansir Antara.

Menteri Ignasius Jonan menjelaskan, setelah penurunan status ini, seluruh warga yang masih berada di posko pengungsian dapat kembali ke kediamannya sesegera mungkin.

"Pada saat ini, kegiatan aktivitas masyarakat juga telah dinyatakan aman dari gangguan aktivitas Gunung Agung, sehingga warga bisa kembali ke kampung halamannya masing-masing," ujarnya.

Sementara itu, Kepala PVMBG Kasbani menyatakan, penurunan status tersebut berdasarkan hasil pengamatan PVMBG terhadap perkembangan aktivitas vulkanik Gunung Agung yang relatif menurun secara signifikan.

"Semua data dan informasi menunjukkan bahwa aktivitas Gunung Agung telah menurun. Volume kubah lava di permukaan kawah juga tidak mengalami perubahan berarti, yaitu masih sekitar 20 juta meter kubik," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Potensi Erupsi

Kasbani menambahkan, pengukuran "tiltmeter" menunjukkan pola inflasi (penggembungan) dengan laju rendah. Hal tersebut mengindikasikan bahwa akumulasi tekanan di Gunung Agung masih terjadi, tapi belum signifikan.

"Citra satelit termal juga menunjukkan adanya penurunan temperatur di permukaan kubah lava. Hal ini mengindikasikan berkurangnya laju aliran magma ke permukaan," ujar Kasbani.

Menurut Kasbani, Gunung Agung masih tetap berpotensi mengalami erupsi kembali, "Namun kami perkirakan apabila Gunung Agung kembali erupsi, maka skala eksplosivitasnya rendah," katanya.

Dalam kurun satu bulan terakhir, frekuensi kejadian erupsi Gunung Agung mengalami penurunan. Erupsi terakhir terjadi pada 24 Januari 2018 dan ketinggian kolom erupsi maksimal dalam satu bulan terakhir adalah 2.500 meter yang terjadi pada 19 Januari 2018.

Sementara itu, aktivitas masyarakat sejak terjadi pengurangan radius kawasan rawan bencana menjadi hanya 6 kilometer dari puncak kawah, tampak sudah relatif pulih, termasuk di pusat kota (Amlapura), meski puncak gunung sering diselimuti awan.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.