Nelayan Temukan Proyektil Mortir Aktif di Pulau Rukan Karimun

Oleh Batamnews.co.id pada 10 Feb 2018, 00:01 WIB
Diperbarui 10 Feb 2018, 00:01 WIB
Nelayan Karimun Temukan Proyektil Mortir Aktif
Perbesar
Petugas TNI AL memperlihatkan proyektil mortir aktif yang ditemukan warga Durai Karimun (Foto: Batamnews)

Karimun - Warga Kecamatan Durai, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, menemukan proyektil mortir. Mortir itu masih aktif dan berfungsi, hanya permukaannya sudah berkarat.

Saat ini, mortir yang ditemukan tersebut masih diamankan di Mako Lanal TBK. Setelah ditemukan warga, mortir itu diserahkan ke Posmat TNI AL Durai, Karimun.

"Kita masih amankan di Lanal TBK," ujar Danlanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Totok Irianto, Kamis, 8 Februari 2018, kepada Batamnews.co.id.

Proyektil mortir tersebut dinyatakan aktif setelah dilakukan pengecekan oleh ahli bahan peledak yang didatangkan oleh pihak Lanal yaitu mantan pelatih Gegana.

"Masih aktif, kemarin setelah dilihat dan diteliti oleh purnawirawan Polri, mortir itu aktif," ujar Totok.

Baca berita menarik lainnya dari Batamnews.co.id.

 


Kronologi Penemuan Mortir

Ilustrasi mortir
Perbesar
ilustrasi mortir

Nantinya, mortir tersebut akan diserahterimakan ke Polres Karimun untuk penanganan lebih lanjut dan dikoordinasikan dengan Polda Kepri.

"Kita sudah koordinasi dengan Polres untuk tindak lanjutnya. Tapi sekarang masih kita amankan," ucap Danlanal TBK.

Penemuan itu berawal saat warga Durai yang sedang melakukan aktivitas di Pulau Rukan, Durai, Karimun, pada Senin, 5 Februari 2018.

Benda yang telah berkarat tersebut dilaporkan ke perangkat desa sebelum diserahkan ke Pihak Lanal TBK pada Selasa, 6 Februari 2018.

Mortir karatan itu memiliki berat 12 kilogram, panjang 25 sentimeter, dan diameter 12 sentimeter tersebut dibawa ke Mako Lanal TBK untuk keamanan yang lebih terjaga, sebelum diserahkan ke pihak Polres Karimun.

Simak video pilihan berikut ini:

 

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya