Ketika Alunan Musik Jazz Menggema di Stasiun Kereta Api

Oleh Arie Nugraha pada 09 Feb 2018, 06:31 WIB
Jazzy Station

Liputan6.com, Bandung - Enam stasiun kereta api menyuguhkan musik jazz yang digelar secara langsung guna menemani penumpang yang hendak berangkat dan baru turun. Keenam stasiun kereta api itu adalah Stasiun Bandung, Gambir, Semarang Tawang, Yogyakarta, Surabaya Gubeng, dan Malang.

Bertema Jazzy Station, hiburan live music tersebut bertujuan menghilangkan kejenuhan, membuat lebih bersemangat, juga bisa menemani detik-detik akhir menjelang keberangkatan ataupun kedatangan penumpang kereta. Pergelaran musik jazz ini diadakan pada Selasa dan Rabu selama Februari 2018.

Menurut Juru Bicara PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) Joni Martinus, terdapat lima band jazz yang dijadwalkan manggung di Stasiun Bandung, yaitu L'Ninos, Soulnation, Fusion Bandung Community, The Mojos, dan Nu Friend.

"Hari ini yang tampil adalah Soulnation Jazz, penumpang sangat antusias dan senang mendapat hiburan seperti ini," ucap Joni Martinus kepada Liputan6.com, di Kota Bandung, Rabu, 7 Februari 2018.

 

2 of 3

Panggung di Ruang Tunggu Penumpang

Ilustrasi musik gitar
Ilustrasi musik. (iStock)

Joni Martinus menyebutkan, para penumpang itu berkumpul di dekat panggung. Hal itu disebabkan lokasi panggung berada di kawasan ruang tunggu penumpang. Joni menjelaskan Jazzy Station telah dimulai sejak Selasa, 6 Februari 2018.

Acara yang dibuka oleh Corpoorate Deputy Director of Passanger Transport Marketing and Sales PT KAI, Mukti Jauhari di Stasiun Bandung, mengatakan bahwa acara musik jazz yang kini digelar oleh otoritasnya sebagai upaya untuk semakin berbaur dengan semua kalangan masyarakat.

Tujuannya tak lain agar angkutan kereta api menjadi moda transportasi favorit masyarakat Indonesia.

"KAI senantiasa menghadirkan suasana yang baru untuk memanjakan masyarakat pengguna kereta api. Kali ini, kami mengajak Anda pemain maupun penikmat musik jazz untuk meramaikan event Jazzy Station ini," ujar Mukti dalam keterangan tertulisnya.

Selain acara musik jazz untuk penumpang di stasiun, masyarakat luar juga berkesempatan untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik. Pasalnya, terdapat berbagai game ringan, namun seru. Caranya adalah menginstal dan register aplikasi KAI Access di smartphone masing-masing.

 

3 of 3

Daftar Band

Sejarah Musik Digital Dimulai 20 Tahun Silam
Ilustrasi musik. (musicroom.com)

Berikut grup band jazz yang tampil di enam stasiun kereta api:

1. Stasiun Bandung: L'Ninos, Soulnation, Fusion Bandung Community, The Mojos, dan Nu Friend.

2. Stasiun Gambir: Chroma-Ticz, Beben Jazz and Friends, San Jose Brothers, Satu Nada, Concordia.

3. Stasiun Semarang Tawang: The circle, Fatty catty, Zero, Lightning.

4. Stasiun Yogyakarta: Starlight, D'grovy, Jazzy Note, dan Mixolydian.

5. Stasiun Surabaya Gubeng: Soundcloud Surabaya, FjazzC Jazzy Station Project, IHSG Sax Unity, Dream, dan Dream Fussion Jazz Community.

6. Stasiun Malang: Saxomunity Malang, Ngalam Jazz Community, Soundcloud Malang, dan Ekstraversi.

Lanjutkan Membaca ↓