Sukses

Menanti Matahari Pagi di Antara Batu-Batu Perahu di Flores Timur

Pesona pagi kian bertambah dengan suara deburan ombak perlahan dan desiran angin di Pantai Watotena, Pulau Adonara, Flores Timur.

Liputan6.com, Flores Timur - Adonara adalah satu di antara pulau di ujung timur. Adonara masuk Kabupaten Flores Timur yang berdekatan dengan Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Pulau Adonara memiliki aneka potensi alam yang indah. Salah satu pantai paling terkenal dan paling indah di Adonara adalah Pantai Watotena.

Nama pantai ini sebenarnya adalah Neren Watotena. Warga Adonara biasa menyebutnya Pantai Watotena saja. Pantai ini berada di Desa Nelerereng, Kecamatan Ileboleng, Adonara Timur, Flores Timur.

Nama Watotena sendiri berarti "perahu dari batu" atau batu yang berbentuk perahu. Para pelancong dapat melihat dari batuan hitam (batu magma) yang mengapit bibir pantai ini yang berbentuk seperti perahu.

Saat Liputan6.com belum lama ini menyambangi Pantai Waotena, Pulau Adonara, Flores Timur, suasana pagi tampak sangat indah. Pesona pagi kian bertambah dengan suara deburan ombak perlahan dan desiran angin pantai.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesona Batu Magma Hitam

Pantainya memang sangat menawan. Dengan pasir putih bersih dan air laut bergradasi hijau biru, membuat siapa saja jatuh cinta terhadap Pantai Watotena.

Panorama di sekitar pantai juga sangat menarik. Para pelancong bisa melihat Pulau Lembata di sebelah timur, Pulau Solor di sebelah barat daya, dan Gunung Ile Boleng yang menjulang tinggi di sebelah utara.

Selain pasir putih dan laut biru, daya tarik pantai ini adalah batu-batu magma aneka bentuk dan formasi yang menghiasi bibir pantai. Kehadiran batu magma hitam yang diduga berasal dari letusan Gunung Ile Ape tersebut semakin mempercantik Pantai Watotena.

Tak mengherankan, bila seluruh pemandangan itu membuat para wisatawan merasa nyaman. Mereka bahkan ingin lebih lama lagi berada di Pantai Watotena.

Untuk masalah kebersihan di tempat ini, tentu saja menjadi prioritas utama. Para wisatawan dilarang membuang sampah sembarangan. Selain itu, para pengunjung tidak boleh merokok atau membawa minuman ke pesisir pantai. Bila hendak merokok atau menikmati minuman dan makanan, para pelancong sudah disedikaan tempat atau pondok. 

3 dari 3 halaman

Manjakan Mata Pelancong

Di pantai ini juga dilarang membawa minuman beralkohol ataupun minuman keras. Pantai dengan pasir putih dan laut yang jernih serta biru ini semakin mengagumkan ketika matahari terbit. Para pelancong akan disuguhkan sunrise yang luar biasa indahnya.

Buat mencapai Pantai Watotena, para pelancong bisa menggunakan perahu motor dari Larantuka dan berlabuh di Dermaga Terong atau Pelabuhan Waiwerang di Pulau Adonara.

Watotena berjarak enam kilometer dari Pelabuhan Waiwerang dan membutuhkan waktu sekitar 30 menit dari Waiwerang. Secara keseluruhan membutuhkan waktu kurang lebih tiga jam dari Pelabuhan Larantuka.

Dalam perjalanan dari Larantuka menuju Watotena di Pulau Adonara, para pelancong akan disuguhi pemandangan menarik di sekitar pulau dan beberapa pulau bagian timur Flores seperti Solor dan Lembata.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.