Sukses

Sensasi Pagi di Lapangan Vatulemo Palu yang Sayang Dilewatkan

Kota Teluk atau Kota Tiga Dimensi, dua julukan yang diberikan oleh para pelancong yang bertandang ke Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Liputan6.com, Palu - Kota Teluk atau Kota Tiga Dimensi, dua julukan yang diberikan oleh para pelancong yang bertandang ke Kota Palu, Sulawesi Tengah. Keindahan alam yang begitu alami menjadikan Kota Tiga Dimensi ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Menyadari hal itu, Palu pun terus berbenah. Bertambah indah dengan telah tersedianya beragam ruang terbuka hijau serta taman-taman kota bagi para pelancong dan wisatawan.

Beda dari kota lainnya, Palu menawarkan keindahan panorama alam langsung di pusat kota. Sebut saja Alun-alun Lapangan Vatulemo dan Taman GOR Palu, kedua tempat ini kini menjadi lebih menawan setelah dilakukan renovasi oleh Pemerintah Kota Palu.

"Yang namanya kota biasanya udaranya sudah tercemar, namun Palu beda, disini walau aktivitas kendaraan padat, Udaranya masih saja tetap segar,” tutur Randi kepada Liputan6.com saat ditemui di lapangan Vatulemo, Senin pekan keempat Januari lalu.

Bagi para pengunjung Lapangan Vatulemo, Kota Palu, waktu pagi dan sore hari dimanfaatkan dengan aktivitas berolah raga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pesona Malam Hari

Adapun untuk malam hari, Lapangan Vatulemo ramai oleh beragam komunitas pemuda yang menjalani aktivitas organisasinya. Di sekeliling lapangan juga tersedia beragam kafetaria yang bisa memanjakan lidah para pengunjung dengan menu khas yang beragam.

"Saya kalau malam biasanya hanya nongkrong di kafetaria bersama kawan-kawan kantor, sambil menikmati kopi khas Kulawi dan menu khas Lalampa," kata Randi.

Selain Lapangan Vatulemo yang tepat berada di depan Kantor Wali Kota Palu itu, warga Palu juga banyak beraktivitas di Taman GOR Palu.

Setelah direnovasi Taman GOR Palu terlihat lebih asri. Terlebih, beragam fasilitas olah raga seperti lapangan basket, tenis dan lain-lain, telah tersedia di sini. "Kota Palu kini jauh lebih tertata," Randi menambahkan.

 

3 dari 3 halaman

Kota Destinasi Tahun 2021

Dua destinasi wisata keluarga tersebut diketahui merupakan program Pemerintah Kota Palu. Kepemimpinan Wali Kota Hidayat dan wakilnya Sigit Purnomo (Pasha Ungu) dengan visi pemerintahannya "Palu Kota Jasa, Berbudaya, dan Beradat, Dilandasi Iman dan Takwa" akan menjadikan Palu sebagai Kota Destinasi di tahun 2021.

Demi merealisasikan visi-misi mereka, Hidayat-Pasha aktif mengadakan ajang-ajang berskala nasional maupun internasional.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Kabag Humas) Kota Palu, Nathan Pagasongan menuturkan dalam dua tahun terakhir semenjak Hidayat-Pasha menjabat, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah itu telah terpilih sebagai tuan rumah kegiatan nasional.

Ia menjelaskan, tahun 2017, Palu menjadi tuan rumah Pekan Budaya Indonesia (PBI) III yang dirangkaikan dengan pertemuan ketua adat seluruh Indonesia.

"Berkat itu semua, tahun ini Kota Palu bersama 16 kota lainnya di Indonesia terpilih mewakili Indonesia mengikuti konferensi dunia tentang perkotaan, World Urban Forum (WUF) IX yang diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 13 Februari 2018 mendatang," ujar Nathan Pagasongan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.