Dentuman Misterius Terdengar di Langit Batam, Fenomena Apa?

Oleh Batamnews.co.id pada 30 Jan 2018, 16:02 WIB
Diperbarui 12 Des 2018, 14:44 WIB
Pagi Sunyi dari Pusat Nadi Kota Tanah Bertuah

Batam - Dentuman misterius cukup keras kembali terdengar di langit Batam, Kepulauan Riau (Kepri), kemarin siang sekitar pukul 11.40 WIB. Namun, sejauh ini, belum diketahui asal-usul suara ledakan tersebut.

Hanya saja, berdasarkan pantauan Batamnews.co.id, sejumlah warga di kawasan Nagoya dan Jodoh yang mendengar suara jelas itu langsung berhamburan.

"Suara apa itu, seperti suara bom," ucap seorang warga Batam sembari keluar dari kedai kopi di kawasan Jodoh, Senin, 29 Januari 2018.

Suara misterius itu berlangsung hanya beberapa detik dan hilang. Seorang polisi tampak sibuk melihat-lihat di sekitar saat acara di sebuah hotel di kawasan Harbour Bay.

Fenomena dentuman misterius itu belum terjawab. Namun, sejumlah warga Batam mengaku sudah mendengar suara itu selama beberapa kali dalam rentang waktu sebulan terakhir.

Baca berita menarik lainnya dari Batamnews.co.id.

2 of 4

Atap Rumah Bergetar

Pagi Sunyi dari Pusat Nadi Kota Tanah Bertuah
Kota Tanah Bertuah, julukan bagi Batam, semakin bergeliat dengan pembangunan infrastruktur. (Liputan6.com/Ajang Nurdin)

Sebelumnya, suara keras itu juga sempat mengagetkan. Dentuman itu terdengar jelas di kawasan Batu Ampar, Bengkong, dan sekitarnya.

"Rumahku di Bengkong Jaya, atap rumah bergetak," ujar Sekar, kepada Batamnews.co.id.

Namun, sejumlah warga meyakini itu suara petir. "Aku tadi di Jodoh, itu suara petir," kata seorang warga Batam.

Ada pula warga yang menduga suara keras tersebut merupakan ledakan pipa di dalam tanah atau di laut.

Sejumlah pihak terkait, beberapa waktu lalu, sudah berupaya mencari asal suara. Namun, upaya mereka tak berhasil. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Hang Nadim, Batam, juga menyatakan tidak mendeteksi getaran apa pun.

 

3 of 4

Komentar BMKG

Suara 'sangkakala' misterius terdengar dari langit
Suara 'sangkakala' misterius terdengar dari langit (YouTube)

Sejauh ini, BMKG Hang Nadim, Batam, belum dapat memastikan penyebab dentuman misterius disertai guncangan yang terjadi di Pulau Batam, Senin siang.

"Itu bukan gempa, juga bukan petir. Untuk sementara kami belum memastikan itu apa," ujar Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Hang Nadim Batam, Suratman, dilansir Antara.

Namun, menurut dia, kemungkinan bunyi disertai guncangan itu sama dengan yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sebelumnya, sejumlah warga kota di barat Indonesia itu dikagetkan oleh bunyi dentuman dan guncangan secara bersamaan.

"Tadi kami memang merasakan goyang sekejap, sekitar pukul 12.00 WIB," kata Kwartya, warga Batam.

Guncangan itu mengagetkan karena terjadi tiba-tiba dan bersamaan. Seorang warga Batam lainnya bernama Habibie juga merasakan getaran yang sama. "Iya, tadi ada goyang," kata Habibie.

Ia berharap aparat berwenang segera mengetahui sumber suara dan getar. Terutama, mengantisipasi bila ada hal mengkhawatirkan dari peristiwa itu.

4 of 4

Suara Ledakan Misterius di 64 Titik Bumi

Ilustrasi Bumi
Ilustrasi Bumi (NASA)

November tahun lalu, sejumlah suara dentuman misterius di beberapa titik di Bumi membuat para peneliti di seluruh dunia, termasuk Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) bingung. Suara mengerikan tercatat terdengar di mana-mana. Dari Timur Tengah sampai East Midlands dan Australia--dengan mayoritas terdengar di pantai timur Amerika.

Ledakan terbaru yang terungkap pada pekan ketiga November 2017, bahkan membuat penduduk di negara bagian Alabama, AS, ketakutan.

Polisi mengatakan mereka diberi tahu tentang "suara mencurigakan" yang digambarkan sebagai "ledakan keras" sekitar pukul 21.00 waktu setempat pada Senin. Demikian seperti dikutip tim Global Liputan6.com dari News.com.au, pada Jumat, 24 November 2017.

"Ledakan yang dijuluki 'Bama Boom' mengguncang beberapa rumah dan tampaknya berasal dari sisi barat laut Lochbuie," kata polisi.

Akan tetapi, polisi dan para ahli sepertinya tidak tahu apa penyebab suara misterius itu. Beberapa ahli mengatakan penyebabnya bisa berkisar dari pesawat supersonik hingga meteor yang meledak di atmosfer.

Pada 10 Oktober 2017, suara yang sama membuat penduduk Cairns Cairns kebingungan. Banyak yang menduga itu adalah pesawat FA-18 Hornet.

Dua minggu kemudian, ledakan lain terdengar di Semenanjung Eyre di Australia Selatan bersamaan dengan sebuah meteor biru yang melintas di langit. "Cahaya itu semakin besar dan terdapat kilatan besar di langit, lalu ada percikan api yang terlepas," kata Ketua Lincoln County, Lisa Watson kepada News Corp.

"Saya keluar dari rumah dan saya mendengar dua suara ledakan besar, dan kemudian langit kembali menyala... Saya merasa seluruh Bumi bergetar dua kali."

Namun, rupanya ini bukan kali pertama suara misterius terdengar. Sebab, orang-orang di 64 lokasi melaporkan suara serupa tahun ini, termasuk melapor ke NASA. Di antara mereka termasuk warga Michigan, Lapland, St Ives, Swansea, dan Yorkshire, Inggris.

Sementara itu, warga di Alabama sempat berkicau di Twitter untuk melaporkan kejadian misterius terbaru tersebut. Seorang warga lokal menggambarkannya sebagai "ledakan yang sangat keras" yang "mengguncang seluruh rumah".

NASA Bingung

Dinas Cuaca Nasional Alabamba Birmingham mengatakan bahwa suara itu bisa berasal dari ledakan sonik pesawat terbang atau suara meteor dari hujan Meteor Leonid.

"Ledakan keras terdengar, tapi kami tidak melihat sesuatu yang menunjukkan api besar atau asap di radar atau satelit; tidak ada di USGS yang mengindikasikan adanya gempa," tulis dinas itu dalam akun Twitter mereka.

Sementara itu, Bill Cooke dari NASA mengatakan kepada ABC 3340 asal ledakan misterius tersebut masih belum jelas. Dia yakin suara itu bisa dihasilkan oleh bolide, pesawat supersonik besar atau ledakan tanah.

Menurut Cooke, ilmuwan meteor NASA akan terus menganalisis data baru dengan harapan bisa menentukan penyebab ledakan tersebut.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓