Begini Aktivitas Anjing Menyusui Anak Kucing di Padang

Oleh Erinaldi pada 29 Jan 2018, 10:00 WIB
Anjing Rawat Kucing

Liputan6.com, Padang - Fenomena anjing menyusui anak kucing di Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat menyita perhatian banyak orang. Sebagian warga menyempatkan diri mengamati khusus keseharian induk anak anjing kucing tersebut.

Seorang warga, Abdurrahman, mengatakan sang anjing biasanya terlihat sore hari di kawasan Polsek Kuranji tersebut.

"Pagi atau siang mereka terlihat di pemukiman warga. Biasanya selalu berdua," ujarnya kepada Liputan6.com, Minggu (28/1/2018).

Abdurrahman menceritakan, sang anjing akan marah bila anak kucing itu diganggu. Pernah, sebutnya, ada warga yang berusaha memisahkan kucing ini.

"Warga tersebut dikejar. Tapi beruntung tak digigitnya," ujarnya.

Tapi, yang namanya binatang liar, sebut Abdurrahman, perilakunya tak bisa diprediksi. Sudah seminggu ini mereka tak melihat anjing dan kucing ini berada di kawasan Polsek Kuranji.

"Tidak tahu kemana. Tapi biasanya akan muncul lagi tiba-tiba," ujarnya.

Abdurrahman sering memberi anjing dan kucing ini nasi dan lauk pauk seadanya, bila kebetulan melihatnya di kawasan Polsek Kuranji.Tapi ia tak tahu pasti, selain dia, ada warga lain yang memberikan makanan.

"Mungkin karena anjing liar kali ya, jadi tak terperhatikan," sebutnya.

Abdurrahman memberi makan anjing dan kucing ini selain karena iba, juga karena ia merasa ada pelajaran yang bisa dipetik dari kisah anjing betina yang menolong anak kucing ini. "Mereka saja bisa berdamai, apalagi manusia," tuturnya.

 

 

2 of 2

Induk Anjing Tiba-Tiba Membawa Anak Kucing

Takjub, Anjing Liar Setia Tunggui Temannya yang Ditabrak Mobil
Empat ekor anjing liar, tertangkap kamera setia menunggui teman mereka yang tertabrak mobil di jalan.

Fenomena langka dan mengharukan terjadi di Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat, tepatnya di sekitar kantor polisi sektor setempat. Jika biasanya anjing dan kucing bermusuhan atau minimal tidak berteman, di sana ada fenomena sebaliknya.

Belakangan ini warga setempat menyaksikan fenomena anjing merawat anak kucing. Menurut warga Kuranji, Jon, anjing dan kucing ini sering terlihat di Polsek Kuranji. Tingkah mereka yang membuat siapapun yang melihatnya terheran-heran adalah mereka tampak tidak bermusuhan.

Menurut Jon, awalnya, anjing betina ini yang membawa anak kucing tersebut ke sana. "Mungkin anjing ini menemukan anak kucing di jalanan," ujarnya, Minggu (28/1/2018).

Anak kucing itu dibawanya ke sana setelah sang anjing melahirkan lima ekor anak. Tapi tidak ada yang tahu kelima anaknya tersebut hilang. Setelah anaknya hilang, terlihat sang anjing membawa anak kucing.

Sang anjing terlihat sebagai ibu bagi kucing. Seringkali terlihat anjing tersebut membagi makanan kepada kucing. Bahkan, anjing tersebut juga menyusui anak kucing berwarna belang-belang hitam dan putih tersebut.

Saksikan video pilihan berikut ini: 

 

Lanjutkan Membaca ↓