Sukses

Siswa SMA di Sidoarjo Bagikan Sayur Gratis di Tepi Jalan

Sayur hijau yang dibagikan gratis itu berasal dari kebun sekolah siswa.

Liputan6.com, Surabaya - Belasan siswa siswi SMA Al Muslim Sidoarjo memperingati Hari Gizi Nasional yang jatuh pada 25 Januari 2018. Dalam peringatan itu, para siswa SMA Al Muslim menggelar aksi peduli gizi dengan kampanye GErakan MAkan Sayur (GEMAS).

"Makan sayur sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit. Maka dari itu, di momen hari gizi nasional ini, anak-anak melakukan aksi kampanye makan sayur ke masyarakat," kata Mahmudah Herawati selaku Kepala SMA Al Muslim Sidoarjo, Kamis, 25 Januari 2018.

Para siswa SMA lalu berderet di tepi jalan Wadungasri, tepatnya di sepanjang jalan bawah Tol Waru, untuk mengajak para masyarakat agar gemar mengonsumsi sayur-mayur.

Selain membentangkan spanduk, para siswa juga membagikan sayur organik hasil panen dari kebun sekolah dan hasil pembelajaran Green Education untuk masyarakat sekitar.

Mereka berharap masyarakat dapat lebih memerhatikan gizi tubuh. Salah satunya dengan mengonsumsi sayur-mayur setiap hari.

Selain memiliki kandungan serat tinggi, mengonsumsi sayuran juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesehatan syaraf dan menjaga kesehatan pencernaan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menu Makan Siang

Karena pentingnya konsumsi sayur, para siswa Al Muslim diharuskan makan sayur dan buah setiap harinya, yakni melalui makan siang yang telah disediakan oleh sekolah.

"Mengingat pentingnya makan sayur setiap hari, kami memberikan sayur pada setiap menu makan siang siswa ditambah buah sebagai tambahan nutrisi dan serat siswa," kata Azam Afian Dinata selaku Humas Al Muslim.

Kegiatan kampanye makan sayur disambut baik siswa. Salah satu yang terlibat adalah Fairuz, siswa kelas X MIPA 1 SMA Al Muslim.

"Saya senang bisa berbagi dan berkampanye pentingnya makan sayur kepada masyarakat sekitar karena dengan berkampanye gini bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya makan sayur, lebih-lebih menjadikan generasi Indonesia yang sehat dan kuat," ujarnya.

Selain sebagai upaya penyadaran pentingnya makan sayur kepada masyarakat, aksi ini juga sebagai implementasi program leadership sekolah, yakni peduli dengan sesama.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.