Sukses

Usai Nikah, Gubernur Kalteng Kirab dengan Kereta Banama Tingang

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan mempelai wanita akan diarak menggunakan Kereta Banama Tingang untuk menyapa ribuan warga.

Liputan6.com, Palangka Raya - Ribuan warga yang datang dari berbagai wilayah Kalimantan Tengah, saat ini terus memadati Bundaran Besar Kota Palangka Raya. Bundaran ini berdekatan dengan lokasi pernikahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan pasangannya, Ivo Yulistra Azahari, di Istana Iseng Mulang atau Rumah Jabatan Gubernur setempat.

Selain menikmati menikmati ribuan kuliner yang disajikan panitia, warga juga tengah menunggu kirab Gubernur Kalteng dan istrinya

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng, Fahrizal Fitri, arak-arakan kedua mempelai dijadwalkan pada siang ini sekitar pukul 14.00 WIB, dari Rumah Jabatan Gubernur Kalteng yang berlokasi di dekat Bundaran Besar menuju Jalan Imam Bonjol dan kembali ke Bundaran Besar.

"Kedua mempelai ini akan diarak menggunakan Kereta Banama Tingang untuk menyapa masyarakat yang sudah menunggu sejak pagi hari," ucap Fahrizal, Kamis (25/1/2018).

Usia diarak, kedua mempelai akan menuju panggung hiburan untuk menyapa warga dan juga memotong kue pengantin yang kemudian dibagikan ke masyarakat.

Sekda menjelaskan, arak-arakan ini adalah keinginan Gubernur Kalteng untuk memperkenalkan istrinya kepada masyarakat. Sekaligus menyapa masyarakat yang menunggunya sejak pagi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wapres Jusuf Kalla dan Ketua MPR Jadi Saksi Nikah

Adapun akad nikah Gubernur Sugianto Sabran dan Ivo Yulistra Azahari dilaksanakan di Istana Iseng Mulang atau Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, Kamis pagi tadi sekitar pukul 09.30 WIB.

Bertindak selaku saksi adalah Wakil Presiden Jusuf Kala atau JK dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan. Dalam pernikahan ini, baik mempelai wanita dan pria menggunakan baju adat Jawa Tengah.

Hadir dalam pernikahan Gubernur Kalteng dan Ivo Yulistra, selain Wapres JK dan Ketua MPR, terlihat pula Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani.

Termasuk, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, dan sejumlah pejabat tinggi lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Pesta Rakyat

Pantauan Liputan6.com, sejak Kamis pagi tadi sekitar pukul 08.00 WIB, masyarakat Kalteng berbondong-bondong memadati Bundaran Besar Kota Palangka Raya, lokasi pesta rakyat diselenggarakan. Bundaran itu juga berhadapan dengan Rumah Jabatan Gubernur Kalteng, tempat pernikahan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran dan Yulistra Ivo Azhari dilangsungkan.

Ribuan warga Kalteng yang berdatangan dari 14 kabupaten/kota itu ingin ikut merayakan pesta pernikahan sang gubernur yang dilaksanakan pada hari ini. Selain itu, masyarakat bisa menikmati sajian kuliner menu pesta rakyat yang disiapkan oleh Gubernur Kalteng yang mempunyai hajatan.

Masyarakat juga dihibur tarian dari sejumlah sanggar tari di Kalteng. Warga Kalteng juga bisa menikmati tayangan langsung pernikahan Gubernur Sugianto Sabran dan Yudistra Ivo Azhari melalu layar lebar yang dipasang di depan rumah jabatan.

Menurut Jahfar, warga Desa Tengkiling, Kecamatan Bukit Batu, Palangka Raya, ia sengaja datang jauh dari daerahnya yang berjarak 30 kilometer hanya untuk melihat dan merayakan pernikahan sang gubernur.

Bahkan, bapak tiga anak ini rela mengeluarkan uang untuk angkutan hanya untuk melihat gubernurnya menikah. "Saya dan keluarga sangat bersyukur bisa datang di pesta rakyat. Selain ikut merayakan pernikahan juga dapat makan gratis," ujarnya.

Ia pun akan bertahan hingga Kamis siang ini pukul 14.00 WIB, melihat Gubernur Kalteng diarak dan menyapa masyarakat.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.