Sukses

Bukti-Bukti Perjalanan Bupati Cantik Talaud ke Amerika Serikat

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Liputan6.com, Talaud - Nama Sri Wahyumi Manalip mencuat ketika kabar dirinya diberhentikan dari jabatan Bupati Talaud, Sulawesi Utara (Sulut), heboh di media massa. Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo sudah mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri dengan Nomor 131.71-17 yang isinya memberhentikan sementara Bupati Talaud, Sri Wayuni Manalip.

Dengan SK tersebut, Sri Wahyumi berstatus bupati nonaktif selama tiga bulan.

Alasan dijatuhkannya sanksi tersebut kepada Bupati Talaud itu, karena Sri Wahyumi terbukti meninggalkan tanggung jawab sebagai bupati selama tiga minggu karena pergi ke luar negeri, yakni Amerika Serikat tanpa izin.

Sri Wahyumi diketahui melakukan perjalanan ke luar negeri pada 20 Oktober 2017. Dia berangkat ke luar negeri tanpa izin Gubernur Sulut dan Mendagri dalam waktu yang cukup lama, yaitu sekitar tiga minggu. Dia baru kembali ke Tanah Air, pada 13 November 2017. 

Sri Wahyumi mengaku dirinya bertolak ke AS atas undangan Presiden Amerika Serikat untuk menjadi salah satu Duta Indonesia dari enam peserta yang didaulat mengikuti program IVLP (International Visitor Leadership Program) 2017.

Bupati Talaud yang aktif di media sosial ini juga mengunggah sejumlah foto selama dia berada di Negeri Paman Sam. Berikut foto-foto perjalanannya di AS:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Undangan Donald Trump

Dalam akun Instagram sri_manalip, Sri Wahyumi mengunggah foto tangkapan layar (capture) berita dari sebuah media pada tanggal 14 Oktober 2017.

Dalam foto tangkapan layar itu disebutkan bahwa Sri Wahyumi mendapatkan undangan sebagai salah satu Duta Indonesia dari enam peserta yg didaulat mengikuti program IVLP (International Visitor Leadership Program) 2017.

Dari media itu, disebutkan bahwa program ini murni dibiayai oleh pemerintah Amerika Serikat. Program kerja sama ini adalah agenda yang dilaksanakan tiap tahun dan dengan peserta yang berbeda sesuai kompetensi, kinerja, dan prestasi masing-masing.

3 dari 7 halaman

Menjejakkan Kaki di Negeri Paman Sam

Sri Wahyumi bertolak dari Tanah Air pada 21 Oktober 2017. Dari gambar yang diunggahnya pada 22 Oktober 2017, terlihat dia bersama duta dari Indonesia lainnya untuk program IVLP baru mendarat di Negeri Paman Sam.

"Terimakasih Tuhan 24 hours di udara boleh tiba dengan selamat di Washington Dc bersama rombongan IVLP International Visitor Leadership Program 2017", tulis Sri Wahyumi dalam akun Instagramnya.

4 dari 7 halaman

Ikut Program IVLP

Pada unggahan foto ini, Sri Wahyumi ingin menunjukkan dirinya tengah melalui rentetan jadwal dalam program IVLP. Banyak yang menyukai foto itu. Sejumlah pendukungnya pun memberikannya semangat dalam kolom komentar di foto itu.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Tidak hanya itu, dia juga mengunggah foto dengan salah satu petinggi di sektor kelautan  Amerika Serikat. Hal ini terkait dengan Talaud yang merupakan salah satu kawasan terluar di Indonesia.

Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada tahun 2000. Kabupaten Kepulauan Talaud terletak di sebelah utara Pulau Sulawesi. Wilayah ini adalah kawasan paling utara di Indonesia timur. 

5 dari 7 halaman

Studi Banding Bidang Kelautan

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah foto-foto kegiatannya di AS dalam program IVLP. Dalam foto-fotonya, terlihat dia bertolak ke Florida melalui Portland. 

Dia melakukan sejumlah pertemuan dan kunjungan untuk studi banding bidang kelautan. "Breakwater perikanan dan research development center," tulis dia dalam keterangan salah satu fotonya.

Selain itu, dia juga mengunjungi pelabuhan di Settle. "Bersama Mr.Ray Giometti Manager Fisherman's Maritime Industrial Center Port Of Seattle," tulis Sri Wahyumi dalam keterangan foto lainnya.

6 dari 7 halaman

Mendapat Penghargaan

Bupati Talaud Sri Wahyumi mendapatkan penghargaan dari pemerintahan Florida. Dalam penghargaan tersebut tertulis dia diberikan penghargaan "Honorary Citizen" dari pemerintah Pensacola, sebuah kota di Florida.

"Terimakasih buat penghargaan yang telah di berikan kepada saya...," tulis Sri Wahyumi.

7 dari 7 halaman

Asyiknya Jalan-Jalan di Hawaii

Dalam akun Instagramnya, Sri Wahyumi juga memperlihatkan kegiatannya bersama anggota IVLP di Hawaii.

Bupati Talaud Sri Wahyumi mengunggah sejumlah foto saat dirinya berada di Amerika Serikat di akun Instagram miliknya, sri_manalip.

Berbagai komentar datang dari warganet. Kebanyakan komentar itu memberikan dukungan dan semangat kepada bupati cantik itu agar bisa terus meraih prestasi.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.