Sukses

Cuaca Dingin Sepanjang Hari, Kedai Kopi di Aceh Sepi Pengunjung

Cuaca dingin sepanjang hari oleh masyarakat setempat diistilahkan "bagei kalak balu malot lakine", atau seperti janda tanpa seorang lelaki.

Liputan6.com, Kutacane - Sejumlah warga Kabupaten Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, menyatakan cuaca dingin melanda sepanjang hari sehingga banyak petani beristirahat di dalam rumah.

"Sudah empat hari, cuaca sejuk seperti ini. Biasanya kedai kopi kami ramai, tetapi tidak dalam beberapa hari terakhir ini," ujar Susi Sekedang (29), pemilik kedai kopi di Desa Kutarih, Kecamatan Babussalam, Kutacane, Kamis (11/1/2018), dilansir Antara.

Menurut Susi, cuaca dingin sepanjang hari oleh masyarakat setempat diistilahkan dengan "bagei kalak balu malot lakine", atau seperti janda tanpa seorang lelaki/suaminya.

Warga lain berpendapat bahwa fenomena alam berhawa sejuk sepanjang hari, merupakan pertanda akan terjadi kemarau panjang di Aceh Tenggara.

Di pusat Kutacane, ibu kota Kabupaten Aceh Tenggara, terlihat aktivitas warga berlangsung normal seperti biasa. Sejumlah perkantoran tetap buka, begitu juga aktivitas ekonomi seperti pertokoan dan pasar tradisional.

"Bila cuaca dingin seperti ini, maka orang malas ke luar rumah. Akibatnya, dagangan kami kurang laku, karena sepi," kata pedagang di Pasar Inpres, Rahman Selian (45).

Raden (37), warga yang berprofesi pekerja bangunan mengakui, cuaca dingin sepanjang hari membuatnya malas untuk keluar rumah beraktivitas seperti biasa.

"Sebenarnya, kita malas. Enak kan lagi tidur di rumah. Karena kebutuhan anak dan istri, terpaksa juga saya bekerja selesaikan bangunan rumah ini. Coba kalau kita petani?" tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prediksi BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandara Sultan Iskandar Muda Blangbintang, Kabupaten Aceh Besar, merilis cuaca di Kutacane sepanjang pekan ini diperkirakan 21 hingga 28 derajat Celcius dengan kelembaban udara 80 sampai 100 persen.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bandara Sultan Iskandarmuda Blangbintang, Zakaria Ahmad menjelaskan, kalau malam cerah, suhu akan lebih dingin dari biasanya dengan hawa dingin bertahan sampai pukul 09.00 WIB di pagi hari.

"Tapi ini berbeda. Pada siang hari dingin, dan malam hari justru lebih dingin lagi. Saya minta waktu untuk mempelajari kondisi cuaca di Aceh Tenggara," kata dia.

Kondisi serupa juga terjadi di Padang, Sumatera Barat. Dalam dua hari terakhir mendadak terasa lebih dingin. Bahkan, hingga Kamis pagi tadi, suhu dingin masih terasa.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan, suhu dingin ini bakal berlangsung hingga 2-3 hari ke depan di Kota Padang dan sekitarnya. Namun, BMKG membantah ini merupakan bagian dari cuaca ekstrem.

Kepala Stasiun Meteorologi Minangkabau Padang Pariaman, Achadi Subarkah Raharjo, menjelaskan suhu minimum harian di Sumatra Barat pada 9-10 Januari 2018 berkisar 17-21 derajat Celsius.

"Angka ini turun cukup signifikan dibanding beberapa hari sebelumnya dengan kisaran suhu antara 20-25 derajat Celcius," ucap Achadi.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.