Sukses

Bawor Adventures, Gim dari Bumi Ngapak untuk Remaja Indonesia

Selain Bawor Adventures, ada lima gim online lain yang diluncurkan UMP.

Liputan6.com, Purwokerto - Sebagian besar remaja di Indonesia gandrung dengan gim dalam jaringan atau game online. Tak aneh jika gim online atau virtual internet berkembang pesat.

Sayangnya, ribuan atau bahkan ratusan ribu gim online yang dapat diakses, baik melalui komputer maupun ponsel tersebut hanya sedikit bernilai edukatif.

Mencermati fenomena ini, Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) mulai mengembangkan media pembelajaran berupa game online yang bersifat mendidik.

Salah satunya, game online Bawor Adventures. "Kami ambil dari kearifan lokal yaitu Bawor sebagai ikon Banyumas," ucap anggota tim Pusat Pengembangan Multimedia Pembelajaran (PPMP) FKIP UMP, Malik Muhammad, melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Rabu, 10 Januari 2018.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gim Mendidik Berbasis Kearifan Lokal

Menurut Malik Muhammad, di dalam gim yang dikembangkan itu juga termuat nilai dan prinsip-prinsip Islami yang tidak bisa dilepaskan dari jari diri UMP sebagai kampus Muhammadiyah. Gim ini dikembangkan dengan sasaran pengguna anak sekolah dasar dan remaja di sekolah menengah pertama.

Gim Bawor Adventures ini menjadi angin segar di tengah minimnya gim yang mendidik. Selain Bawor Adventures, ada lima gim online lain yang diluncurkan UMP.

Gim tersebut dapat diperoleh hanya dengan mengakses laman resmi UMP, yaitu ump.ac.id.

"Saat ini ada enam game online yang siap diluncurkan oleh PPMP kepada masyarakat khususnya kepada siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama kelas tujuh mata pelajaran biologi dan matematika," dia menerangkan.

3 dari 4 halaman

5 Gim Diluncurkan Bersama Bawor Adventures

Sama dengan gim Bawor Adventures, lima gim lainnya juga mengambil ikon tokoh lokal Indonesia, seperti Azzam dan Khaila. Seluruh gim akan terus dikembangkan untuk memenuhi tuntutan pemakai gim.

Dia pun berharap, gim yang dikembangkan ini dapat memberikan dampak besar bagi dunia pendidikan Indonesia. Materi pembelajaran nan menyenangkan dan aplikatif dinilai bakal mudah diserap siswa.

Rektor UMP, DR Syamsuhadi Irsyad pun menyambut baik peluncuran gim-gim edukatif ini. Menurut dia, gim ini sejalan dengan PPMP UMP, menjadi pusat multimedia pembelajaran yang berbasis pada digital education center.

Setahun ini, sudah ada 11 gim yang diluncurkan. Dan itu adalah bentuk komitmen UMP yang akan selalu menjadi yang terdepan dalam mewujudkan cita-cita pendidikan Indonesia yang berkualitas.

"Ini menjadi kabar baik yang patut kita syukuri. Game edukasi memberikan jawaban minimnya permainan yang memiliki nilai pendidikan. Saya harap tidak berhenti sampai di sini, terus kembangkan," ucap Irsyad, kala peluncuran virtual gim edukasi di halaman Rektorat UMP Purwokerto.

 

4 dari 4 halaman

Terdapat 125 Soal di Gim Bawor Adventures

Adapun Bawor Adventures karya EMRC UMP Purwokerto adalah gim edukasi yang berkisah tentang petualangan maskot Kabupaten Banyumas, Bawor dalam mengumpulkan koin dan bintang dalam alokasi waktu yang ditentukan.

"Kami ambil dari kearifan lokal yaitu Bawor sebagai ikon Banyumas," ucap anggota tim Pusat Pengembangan Multimedia Pembelajaran (PPMP) FKIP UMP, Malik Muhammad

Gim ini diperuntukkan bagi semua umur, terutama anak usia sekolah dasar dan remaja Sekolah Menengah Pertama (SLTP). Targetnya, siswa tersebut dapat mengumpulkan koin dan bintang sebanyak-banyaknya untuk dapat menang dalam permainan ini atau melanjutkan ke level selanjutnya.

Untuk memperoleh koin dan bintang, pemain gim harus menghindari rintangan berupa mobil berjalan dan genangan air. Apabila siswa gagal dalam rintangan tersebut, maka alokasi waktu akan dikurangi lima detik atau kelipatannya.

Sedangkan untuk mendapat bintang, siswa harus menjawab dengan benar tiap soal dengan materi berbeda di tiap level. Materi setiap level berdasarkan tema yang sudah ditentukan, yaitu Tema 1: Indahnya Kebersamaan, Tema 2: Selalu Berhemat Energi, Tema 3: Peduli Terhadap Makhluk Hidup, Tema 4: Berbagai Pekerjaan dan Tema 5: Pahlawanku.

Secara keseluruhan, gim Bawor Adventures memiliki 125 soal di mana di setiap levelnya terdapat 25 soal yang terdiri dari lima mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Soal-soal tersebut muncul di setiap level secara acak atau random.

Klarifikasi

Adalah benar bahwa UMP Purwokerto meluncurkan gim Bawor Adventures dengan deskripsi game edukatif bermuatan lokal dan Islami.

Terjadi kesalahan teknis pada gambar utama dan deskripsi, yang ternyata merupakan deskripsi gim Bawor Adventure versi lain yang diciptakan oleh PT Ampu Kreatif Studio, STMIK AMIKOM Purwokerto.

Redaksi telah memperbaiki kesalahan tersebut dengan mengganti foto utama dan deskripsi gim sesuai dengan yang diluncurkan oleh UMP Purwokerto.

Tentang Gim Bawor Adventure versi STMIK AMIKOM Purwokerto, bisa dibaca di sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.