Sukses

Laris Manis, Warga Medan Rebutan Tiket Kereta untuk Liburan

Terjadi peningkatan jumlah penumpang kereta api saat libur Natal dan tahun baru 2018 dibandingkan tahun lalu.

Liputan6.com, Medan - Penumpang kereta api saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) sejak tanggal 22 Desember 2017 hingga 7 Januari 2018 di PT Kereta Api Indonesia Divre I Sumatera Utara (Sumut) mengalami kenaikan 5 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Vice President Divre I Sumut Aslikan mengatakan, penumpang kereta api selama Nataru mencapai 236.024 penumpang. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari tahun lalu yang penumpangnya sebanyak 225.806 penumpang.

"Rute yang banyak mengalami peningkatan saat Nataru adalah jurusan dari Medan menuju Binjai. Banyak masyarakat terutama dari Binjai yang memanfaatkan kereta sebagai moda transportasinya untuk menuju Kota Medan," kata Aslikan di Medan, Senin (8/1/2018).

Dia mengatakan, puncak arus keberangkatan terjadi pada tanggal 30 Desember 2017. Sementara, untuk puncak kepulangan, terjadi pada tanggal 7 Januari 2018.

"Selama Nataru PT KAI Divre I Sumut juga melakukan beberapa peningkatan terutama peningkatan pengamanan agar masyarakat lebih aman dan nyaman," dia menerangkan.

Aslikan menjelaskan, adanya kenaikan penumpang saat Nataru merupakan hal yang sangat menggembirakan, karena hal tersebut membuktikan bahwa saat ini sudah banyak masyarakat yang memilih kereta api sebagai sarana transportasinya.

Sementara, selama 17 hari masa angkutan Nataru, disebutkan tidak ada kendala atau hambatan dalam perjalanan. Dalam menjaga kenyamanan para penumpang, KAI Divre I Sumut bekerja sama dengan pemerintah dan aparat keamanan dengan menurunkan 38 personel.

"Untuk personel yang diturunkan terdiri dari 20 personel dari pihak TNI dan 18 personel dari Polri yang menggunakan kepolisi sektor, Koramil AD ataupun AL," dia menandaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengoperasian Kembali Kereta Penumpang Medan-Belawan

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divisi Region (Divre) I Sumatera Utara (Sumut) segera mengoperasikan kembali rute kereta api penumpang dari Kota Medan menuju Belawan. Pengoperasian akan dilakukan pada 9 Januari 2018.

"Kereta api penumpang jurusan Medan-Belawan ini, kurang lebih sudah tujuh tahun tidak beroperasi. Selama ini yang beroperasi hanya kereta api barang," terang Aslikan.

Nantinya akan ada lima kereta atau gerbong dengan masing-masing kapasitas penumpangnya sebanyak 106 orang. Kereta api penumpang Medan-Belawan akan ada setiap hari Selasa, atau setiap ada kapal KM Kelud di Pelabuhan Belawan dari Tanjung Priok.

"Kehadiran kereta api penumpang tersebut untuk semakin memudahkan masyarakat yang ingin ke Belawan atau ke Pelabuhan Belawan," sebut Aslikan.

Sementara, untuk harga tiket hingga saat ini, KAI Divre I Sumut belum menetapkan, karena masih menunggu keputusan dari kantor kereta api pusat yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat.

"Kita sudah melakukan uji coba untuk kereta api penumpang Medan-Belawan dan tidak ada kendala, sehingga kereta api sudah bisa beroperasi. Semoga masyarakat bisa benar-benar memanfaatkan kehadiran kereta api penumpang tersebut dengan baik," Aslikan menandaskan.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.