Pallu Cella, Andalan Emak-Emak Bikin Suami Betah di Rumah

Oleh Eka Hakim pada 23 Des 2017, 08:01 WIB
Diperbarui 23 Des 2017, 08:01 WIB
Pallu Cella, Andalan Emak-Emak Bikin Suami Betah di Rumah
Perbesar
Pallu cella nikmat dihidangkan di musim hujan. (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Liputan6.com, Makassar - Kemampuan emak-emak dalam sebuah keluarga diuji saat memikirkan solusi makanan yang pas untuk dihidangkan di rumah ketika galau menghadapi musim hujan. Para ibu suku Bugis Makassar memiliki menu andalan untuk situasi itu, yakni ikan pallu cella.

"Karena hampir tak ada penjual ikan maupun sayur yang masuk ke pemukiman jika hujan begini. Yah akses jalan tergenang oleh air," kata Munni Daeng Kebo (46), emak-emak yang berdomisili di Antang Kecamatan Manggala, Makassar kepada Liputan6.com, Jumat, 22 Desember 2017.

Ikan pallu cella berarti ikan yang dimasak dengan rasa asin. Selain tahan disimpan hingga beberapa hari, pallu cella juga sangat nikmat dihidangkan bersama nasi hangat dan raccak taipa atau mangga yang dicincang halus.

"Suami dan anak-anak di rumah sangat senang. Malah nafsu makannya di musim hujan semakin menjadi. He..he..he," tutur Munni.

Meski rasa ikan pallu cella sangat nikmat, Munni menyarankan tidak dikonsumsi setiap hari karena dapat memicu tekanan darah tinggi.

"Biasanya lidah masyarakat Bugis Makassar itu memang senang dengan makanan yang memiliki rasa asin lumayan tinggi. Tapi mereka yang tidak mampu jangan makan banyak-banyak, bisa tekanan loh," ujar Munni emak-emak yang memiliki dua orang anak itu.

 

 

Pallu Cella, Andalan Emak-Emak Bikin Suami Betah di Rumah
Perbesar
Pallu cella, makanan khas Bugis Makassar di musim hujan. (Liputan6.com/ Eka Hakim)

Untuk membuat menu ikan pallu cella, menurut Munni, cukup mudah dan sederhana. Jenis ikannya bisa apa saja. Boleh memakai ikan bandeng, tuna atau cakalang, tembang, dan layang.

"Biasanya yang paling digemari itu ikan layang dan ikan bandeng atau masyarakat Bugis Makassar sebut dengan nama ikan bolu," jelas Munni.

Setelah ikan yang menjadi bahan baku utama sudah ada, bahan-bahan lainnya yang perlu disiapkan adalah garam dan kunyit.

Ikan terlebih dahulu dibersihkan kemudian dimasak bercampur dengan garam dan kunyit yang telah dihaluskan. Memasaknya sebaiknya menggunakan kayu bakar seperti masakan warga di kampung-kampung.

Hal itu, lanjut Munni, untuk menjaga kekhasan rasa yang dimiliki ikan pallu cella.

"Ikan yang telah dicampur dengan garam dan kunyit dimasak hingga airnya betul-betul meresap, sehingga rasa garam sarta aroma kunyit merata ke dalam tubuh ikan," terang Munni.

Resep Pallu Cella Khas Bugis Makassar

Bahan Pallu Cella :

2 ekor ikan Layang atau bolu (bandeng)

2 gelas air

1 sdm garam

1 sdt kunyit bubuk

Penyedap rasa secukupnya

Bahan raccak taipa (Pelengkap):

1 buah taipa (mangga muda)Air secukupnyaGaram secukupnyaPenyedap rasa secukupnya3 buah cabe rawitTerasi secukupnya

Cara membuat Pallu Cella :

Bersihkan ikan layang atau bolu, buang insan dan isi perutnya. Sedangkan sisik ikannya dibiarkan tetap ada. Setelah bersih, ikan lalu dimasukkan ke dalam panci yang berisi air, bersamaan dengan memasukkan kunyit dan garam. Didihkan hingga ikan berubah berwarna kuning dan mengental. Setelah itu beri penyedap rasa lalu angkat dan sajikan.

Cara membuat sambal raccak taipa sebagai menu pendamping ikan pallu cella:

Kupas mangga terlebih dahulu, kemudian mangga tersebut boleh dicincang juga mudahnya bisa menggunakan parutan keju. Setelah itu siapkan cabai rawit dan terasi yang telah dicobek bersama dan campurkan dengan mangga yang telah dicincang atau diparut. Jangan lupa beri garam atau penyedap rasa dan aduk hingga merata.

"Mudah kan membuat masakan pallu cella khas Bugis Makassar yang nikmat menemani keluarga di musim hujan begini," ucap Munni.

Saksikan video pilihan di bawah ini: