Sukses

Pinjam Sepeda Pakai Voucher, Alternatif Berkendara di Bandung

Datangi hotel yang menyediakan oBike, maka warga dan pengunjung Bandung bisa santai bersepeda keliling kota tak pakai macet.

Liputan6.com, Bandung - Sebuah platform sepeda tanpa stasiun berbasis aplikasi pertama dari Singapura, oBike, kini sudah hadir di Kota Bandung.

Aplikasi ini sangat mudah diakses, nyaman, dan ramah lingkungan. Tak hanya itu, oBike juga memberikan keakuratan lokasi yang memungkinkan pengguna sepeda dengan mudah mengindentifikasi oBike terdekat.

Cara menggunakan oBike cukup mudah. Pertama, unggah aplikasi di App Store atau Play Store, lalu isi saldo melalui ATM ataupun kartu kredit. Berikutnya, datangi hotel di Bandung yang menyediakan oBike. Setelah membeli voucher, sepeda bisa digunakan.

oBike sebenarnya hampir mirip dengan bike sharing yang lebih dulu ada di kota Bandung. Perbedaannya, aplikasi ini bisa digunakan dan disimpan dengan mudah asalkan ada shelter yang telah disediakan.

Namun, shelter atau stasiun oBike saat ini baru di hotel-hotel yang tergabung dalam Indonesian Hotel General Manager Association Chapter Parahyangan (IHGMA Chapter Parahyangan), sehingga belum bisa ditemukan di semua hotel di Kota Bandung.

Penyediaan smart bike tersebut sebagai salah satu fasilitas baru di hotel. Selain itu, kerja sama tersebut merupakan pendukung untuk mewujudkan visi kota Bandung yang unggul, nyaman, dan sejahtera.

 

Simak video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Budaya Bersepeda

Sementara itu, Kepala Dinas Pernah Kota Bandung Didi Ruswandi mengatakan, saat ini, perkembangan teknologi yang cukup pesat harus bisa mengatasi berbagai penyelesaian kemacetan dan masalah lingkungan. Salah satunya dengan mengurangi penggunaan sepeda motor.

"Maka dari itu salah satu solusi yaitu bertransportasi publik dengan bersepeda atau jalan kaki. oBike hadir di Bandung untuk menumbuhkan budaya bersepeda," kata dia.

Dia mengharapkan dengan hadirnya oBike ini, masyarakat Bandung lebih memilih menggunakan sepeda dalam beraktivitas. "Saya harap yang dulunya belum bersepeda, setelah hadir oBike bisa memutuskan untuk bersepeda dan membiasakan dalam aktivitas sehari-hari," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.