Sukses

Alun-Alun Bojonegoro Hanya untuk Pejalan Kaki di Malam Tahun Baru

Pemkab Bojonegoro sudah menyiapkan terompet untuk menyambut malam Tahun Baru 2018.

Liputan6.com, Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur akan memberlakukan "car free night" di seputaran alun-alun untuk mencegah kendaraan bermotor dari berbagai kecamatan ikut menyerbu ke wilayah perkotaan pada malam Tahun Baru 2018.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Bojonegoro M Ariyanto, di Bojonegoro, Selasa, menjelaskan pemberlakuan "car free night" di seputaran alun-alun ini akan memperoleh dukungan kepolisian resor (polres).

"Pemberlakuan 'car free night' hanya pada malam tahun baru 2018 tidak diberlakukan pada malam Hari Raya Natal," kata dia, dilansir Antara, Selasa, 19 Desember 2017.

Menurut dia, pemberlakuan "car free night" pada malam tahun baru sudah berjalan tiga tahun sekarang ini. Di tahun-tahun lalu, pemberlakuan "car free night" mampu mencegah kendaraan bermotor liar, seperti knalpot "brong", masuk ke kota.

Dengan pemberlakukan "car free night" di seputaran alun-alun, lanjut dia,  sejumlah ruas jalan akan dijaga petugas Dishub dengan Polres. Ada sembilan lokasi persimpangan tiga dan empat yang bakal dijaga tim gabungan Dishub dan Polres, seperti simpang tiga kantor pos dan simpang empat Perhutani.

Selain itu, Dishub dan Polres juga menempatkan sejumlah petugas di sejumlah ruas jalan sebagai usaha untuk mengamankan masyarakat yang merayakan malam Tahun Baru 2018.

"Pemberlakuan 'car free night' seperti 'car free day' di alun-alun pada pagi hari yang hanya diperbolehkan untuk pejalan kaki," dia menegaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pelarangan Penggunaan Kembang Api

Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bojonegoro M. Ridwan menambahkan, Disbudpar akan menggelar berbagai kegiatan kesenian di sejumlah lokasi pada malam Tahun Baru, antara lain di Stadion Letjen H. Soedirman, Terminal Rajekwesi, dan tempat lainnya.

Di alun-alun akan diisi dengan parade band yang merupakan band lokal. Di dalamnya termasuk band "KY and Friends" yang merupakan band bentukan Bupati Bojonegoro Suyoto.

Puncak malam Tahun Baru 2018 yang digelar di alun-alun bakal dihadiri Bupati Bojonegoro Suyoto juga jajaran forkompimda dan diisi dengan peniupan terompet Tahun Baru 2018.

"Kami sudah menyiapkan terompet untuk menandai pergantian tahun. Tetapi tidak ada pesta kembang api, sebab proses perizinannya harus ke Polda Jawa Timur," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.