Sukses

Warga Temukan Berkah dari Banjir Ponorogo

Meski terganggu aktivitasnya, tetapi banjir di Ponorogo memberikan berkah tersendiri bagi warga.

Liputan6.com, Ponorogo - Rohmat warga Desa Bajang, Kecamatan Balong Ponorogo, berhasil menjaring ikan lele berukuran jumbo. Menariknya, lele yang ia dapatkan bukan dari kolam pemancingan melainkan dari areal persawahan yang dilanda banjir di desanya.

Tak tanggung-tanggung, lele dengan panjang 80 cm berhasil ditangkap. Lele dengan berat 2 kilogram ini langsung dibawa pulang oleh Rohmat.

"Nanti langsung saya jual, ada tetangga saya yang sudah langganan," tuturnya kepada Liputan6.com, Sabtu, 16 Desember 2017.

Baginya banjir yang selalu datang tiap musim hujan ini, membawa berkah tersendiri. Ia memanfaatkannya dengan memancing karena banyak ikan yang terbawa arus saat banjir.

"Biasanya dapat lele, mujair, gurami, nila, gabus juga udang kecil," katanya.

 

Simak video pilihan berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banjir Tak Kunjung Surut

Bahkan, Rohmat rela jauh-jauh beli jaring dari Pacitan dengan kualitas bagus demi menjaring ikan yang terbawa arus.

"Bukan hanya saya, ada juga warga lain yang mancing," ucapnya.

Sementara itu, warga lainnya, Sunardi menuturkan, banjir datang di desanya pada Jumat, 15 Desember 2017, malam sekitar pukul 20.00 WIB. Desa ini memang dikenal sebagai tempat langganan banjir. Bahkan banjir di sini tidak berlangsung dalam hitungan jam melainkan hitungan hari.

"Bisa sampai satu minggu, kalau hujannya deras dan berhari-hari," katanya.

Banjir kali ini merupakan kiriman dari Ponorogo selatan dan timur yang memang merupakan areal pegunungan. Terlebih lagi, kondisi sungai di desa ini sudah dangkal dan tidak ada upaya pengerukan dari pemerintah.

"Ada sekitar 200 kotak lahan pertanian yang terendam air, juga sebagian jalan desa," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.